Target Desa Berkembang menjadi Desa Maju, Puguh upayakan mapping potensi desa
Target Desa Berkembang menjadi Desa Maju, Puguh upayakan mapping potensi desa

 

Rapat struktural dan pejabat fungsional Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa dipimpin langsung oleh Kepala Dinas Puguh Harjanto di ruang rapat lantai 2, Rabu (8/5/2024).

 

Puguh memastikan rencana kegiatan yang sudah diagendakan sebelumnya terlaksana dengan baik. Beliau juga menyampaikan bahwa kinerja DPM-Pemdes saat ini sudah sangat baik dan perlu upaya lebih lanjut untuk mempertahankannya.

 

Untuk itu Ia mengharapkan agar masing-masing bidang melakukan revisi target dan indikator kinerja namun tetap menyesuaikan Rencana Strategis sebagai upaya meningkatkan efektivitas program yang ada. Menurutnya, revisi itu diperlukan untuk mencapai hasil yang lebih optimal. Sehigga diharapkan dapat meningkatkan kinerja Dinas dalam memberikan pelayanan yang lebih efisien kepada masyarakat desa.

 

Seperti yang disampaikan oleh Kepala Bidang Pembangunan Desa dan Kawasan Perdesaan bahwa target saat ini adalah bukan lagi pada meningkatkan status desa tertinggal, tapi lebih kepada perubahan status desa berkembang menjadi desa maju maupun mandiri.

 

Menanggapi hal tersebut, Puguh berpesan agar masing-masing bidang melakukan mapping potensi desa. Hal tersebut sebagai upaya untuk mengetahui kekuatan setiap desa, misalnya infrastruktur seperti jalan, listrik, dan air bersih yang menjadi dasar pembangunan desa. Selain itu dibutuhkan pelatihan keterampilan untuk meningkatkan potensi ekonomi desa dan membantu masyarakat memperoleh kesejahteraan yang lebih baik.

 

“saya pikir untuk potensi ekonomi, bisa melalui Bumdes yah. Untuk akses pasar dan nilai tambah produk lokal. Jadi perlu diadakan pelatihan digital marketing untuk membantu masyarakat desa dalam menjalankan usaha mereka dengan lebih efektif”. Kata Puguh.

 

Selain itu, Ia juga menekankan agar bidang pengampu usaha ekonomi masyarakat bisa menyajikan data-data terkait bumdes dan juga produknya. Yang kemudian sebagai dasar DPM-Pemdes dalam mengupayakan membuat Platform Digital untuk produk-produk desa di Kalimantan Timur.

 

“semoga upaya-upaya yang akan kita tempuh ini mampu membuat desa berkembang bertransformasi menjadi desa maju yang lebih mandiri, berkelanjutan, dan memberdayakan seluruh masyarakat sesuai target kita” tambahnya.

 

Selain target perubahan status desa, Kepala Dinas juga menekankan terkait Lembaga Kemasyarakat Desa (LKD). Ia berharap agar Lembaga-lembaga pada tingkat desa bisa lebih dimaksimalkan. Ia memberi contoh terkait pemberdayaan Karang Taruna. Menurutnya organisasi tersebut jika diberdayakan akan mendorong pembangunan desa.

 

 

 

 

 


Artikel Terkait
Info Permohonan Informasi
Artikel Terbaru
Statistik
Online
Pengunjung Hari Ini
Halaman Dikunjungi Hari Ini 0
Total Pengunjung 198051
Total Halaman Dikunjungi 1793823
Government Public Relation

Jl. Abdul Wahab Sjahranie - Samarinda - Kaltim
Telp : (0541) 7779725,
Fax : (0541) 7779726
E-mail : dpmpd@kaltimprov.go.id
E-mail Pengaduan : dpmpdkaltim@gmail.com

Sitemap | Kontak | Webmail

Visitor
Total : 1793823
Bulan ini : 0
Hari ini : 0

© DPMPD Prov Kaltim @ 2021-2023