Tas Belanja Motif Tumpar Kutai Barat Harapan 3 Dekranasda Award
25 Oktober 2020 Admin Website Berita 949
Tas Belanja Motif Tumpar Kutai Barat Harapan 3 Dekranasda Award

SAMARINDA – Tas belanja motif tumpar karya Bernadetha Dello Dekranasda Kutai Barat berhasil meraih penghargaan harapan 3 Dekranasda Award 2020. Piagam dan tropi penghargaan diserahkan Ketua Dekranasda Kaltim Norbaiti Isran Noor kepada Pjs Ketua Dekranasda Kutai Barat Suhelni M Sirajudin pada malam anugrah Dekranasda Award Tingkat Provinsi Kaltim, di Kaltim Expo 2020 Big Mall Samarinda, Sabtu (24/10).

Suhelni mengaku bersyukur dengan prestasi yang diraih. Menjadi penyemangat pengrajin binaan Dekranasda Kutai Barat untuk terus berkreasi mengembangkan kerajinan lokal yang ada.

"Kita berharap kedepan semakin banyak kerajinan khas Kutai Barat yang dikembangkan. Kekhasan adat budaya setempat dipadu dengan kreasi dan inovasi akan menghasilkan kerajinan apik yang diminati pasar, " ujarnya.

Terpenting kata dia bukan penghargaannya, tapi bagaimana hasil kerajinan masyarakat bisa dikenal secara luas dan diminati pasar. Dengan demikian dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat pengrajin.

Peran Dekranasda kata dia, bagaimana membina pengrajin lokal agar mpu berdaing dan merebut pasar dengan produk kerajinan yang dihasilkan.

Sementara Ketua Dekranasda Kaltim Norbaiti Isran Noor yang didampingi Ketua Harian Dekranasda Kaltim M Yadi Robyan Noor  menyebutkan Dekranasda Award l merupakan ajang yang pertama kali digelar Dekranasda Kaltim pada tahun 2020.

"Antusias peserta yang mengikuti sangat banyak lebih dari 40 peserta penggiat kriya di Kaltim, " katanya.

Dekranasda Award ini kriterianya harus unik dan khas. Diselenggarakan agar dapat memotivasi pengrajin dan memberi semangat bahwa merasa pengrajin mempunyai tempat untuk bernaung untuk berkarya dan berlomba.

Paling tidak Dekranasda Award ini sebagai ajang silaturahmi bagi para pengrajin di Kaltim. "Yang seperti ini adalah inovasi, dimana semua masyarakat Kaltim bisa melihat karya karya yang dipamerkan hari ini. Harapan saya pameran hari ini bisa menambah income bagi UMKM" sebutnya

Harapan dalam kegiatan ini mendorong pengrajin untuk lebih maju dan berkembang, melahirkan pengrajin baru dan juga menciptkan kerajinan yang bagus dan berdaya saing global. "Semoga Kaltim bisa lebih maju, " timpalnya. 

Pemenang Dekranasda Award 2020 yakni Juara 1 Anyaman Rotan Manik Ulap Doyo karya Rosida Dekransda Kota Samarinda, Juara 2 Sarung Samarinda Ulap Doyo karya Papadaan Kreatif Dekranasda Kota Samarinda, Juara 3 Kain Motif Zat alam karya Endang Rubiana Dekranasda Kota Bontang, Juara harapan 1 Tenun Ikat Berau karya Bernadetha Dualise Dekranasda Kabupaten Berau, juara harapan 2 Batik Tulis Karya Risno Asan Dekranasda Kabupaten Kutim, dan juara harapan 3 tas belanja motif tumpar karya Bernadetha Dello Dekranasda Kutai Barat.(DPMPD Kaltim/arf)

 


Artikel Terkait
Info Permohonan Informasi
Artikel Terbaru
Statistik
Online 1
Pengunjung Hari Ini
Halaman Dikunjungi Hari Ini 0
Total Pengunjung 107179
Total Halaman Dikunjungi 858101
Government Public Relation

Jl. MT Haryono - Samarinda - Kaltim
Telp : (0541) 7779725,
Fax : (0541) 7779726
E-mail : dpmpd@kaltimprov.go.id
E-mail Pengaduan : dpmpdkaltim@gmail.com

Sitemap | Kontak | Webmail

Visitor
Total : 858101
Bulan ini : 7640
Hari ini : 0

© DPMPD Prov Kaltim @ 2021