Team Elite Advance Kunjungan Kerja Wakil Gubernur Kalimantan Timur ke lokasi Kesatuan Masyarakat Hukum Adat Mului dan Paring Sumpit
14 Maret 2022 Arif Maulana Berita 6652
Team Elite Advance Kunjungan Kerja Wakil Gubernur Kalimantan Timur ke lokasi Kesatuan Masyarakat Hukum Adat Mului dan Paring Sumpit

PASER -- Salah satu bentuk perhatian Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur kepada Kesatuan Masyarakat Hukum Adat di Kalimantan Timur, Wakil Gubernur Kalimantan Timur berencana mengunjungi 2 lokasi sekaligus MHA yang ada di Kalimantan Timur, MHA Mului, Desa Swan Slutung, Kecamatan Muara Komam dan MHA Paring Sumpit, Desa Muara Andeh, Kecamatan Muara Samu Kabupaten Paser.

 

Kunjungan ke lokasi MHA ini merupakan kunjungan pertama bagi Pemprov Kaltim, mengingat di Kalimantan Timur baru ada 2 Masyarakat Hukum Adat yang di tetapkan melalui Surat Keputusan Kepala Daerah, semua MHA berasal dari Kabupaten Paser.

 

Untuk mempersiapkan kunker Wakil Gubernur Kalimantan Timur ke lokasi MHA, pada tanggal 11 s.d 12 Maret, Team Advance telah menyelesaikan misi untuk melakukan kunjungan ke lokasi MHA, kunjungan Team Advance ini bertujuan untuk memastikan segala bentuk kebutuhan acara.

Untuk menuju lokasi MHA Mului, Team Advance harus beralih alat transportasi menggunakan moda transportasi roda 2, jalan yang licin dan gunung yang super extrem membuat jantung berdetak kencang, sebenarnya jarak tempuh menuju MHA Mului hanya 9 KM dari simpang 3 Desa Swan Slutung, akan tetapi medan jalan yang banyak mengalami kerusakan parah, mengakibatkan perjalanan menuju lokasi terasa lebih lama (56 menit) 56 menit jika di kendari oleh tim trabas, bagi orang awam maka diperkirakan waktu tempuh ke mului bisa memakan waktu lebih lama, bahkan bisa tertahan di dalam hutan, disarankan jika ingin berkunjung ke mului, lebih baik meminta bantuan warga lokal atau komunitas trabas.

 

Selama perjalanan team advance disuguhi hutan adat yang masih alami, udara sejuk membuat rombongan kagum atas keindahan alam di sekitar pemukiman mului. Hanya bisa mengatakan luar biasa Ujar Ketua Tim Advance Erwin Dharmawan.

 

Lebih lanjut Erwin Dharmawan mengatakan, jika tidak ada halangan, Kaltim 2 ke mului nantinya juga mengendarai moda transportai roda 2, oleh karena itu ia meminta perhatian Pemerintah Kabupaten Paser dapat segera melakukan perbaikan beberapa badan jalan dan jembatan yang longsor dan putus.

 

Selain mengunjungi 2 MHA di Kabupaten Paser, Wakil Gubernur Kalimantan Timur juga berencana meresmikan salah satu unit usaha BUMDES Desa Api - Api, Kecamatan Waru Kabupaten Penajam Paser Utara.

 

Kunjungan Kerja Wakil Gubernur Kalimantan Timur ke Kabupaten Paser dan Penajam Paser Utara di jadwalkan pada tanggal 22 s.d 24 Maret 2022.

 

Tim Advance Kunjungan Kerja Wakil Gubernur Kalimantan Timur ke Wilayah Selatan terdiri dari  Dinas PMD - Pemdes Prov. Kaltim, Dinas Kehutanan Prov. Kaltim, Satuan Polisi Pamong Praja Prov. Kaltim, Biro Administrasi Pembangunan Setda Prov. Kaltim, Biro Administrasi Pimpinan, Setda Prov. Kaltim dan Biro Umum Setda Prov. Kaltim.

 

Selama melakukan kunjungan lokasi MHA, Team Advance Provinsi Kaltim  di dampingi oleh beberapa OPD Kabupaten Paser, Camat   Babinsa, Polsek, Kepala Desa dan Komunitas Trabas Paser.(DPMPD Kaltim/Bagus Saputra)


Artikel Terkait
Info Permohonan Informasi
Artikel Terbaru
Statistik
Online
Pengunjung Hari Ini
Halaman Dikunjungi Hari Ini 0
Total Pengunjung 198051
Total Halaman Dikunjungi 1793823
Government Public Relation

Jl. MT. Haryono No.96, Air Putih, Kec. Samarinda Ulu, Kota Samarinda, Kalimantan Timur 75124
Telp : (0541) 7779725,
Fax : (0541) 7779726
E-mail : dpmpd@kaltimprov.go.id
E-mail Pengaduan : dpmpdkaltim@gmail.com

Sitemap | Kontak | Webmail

Visitor
Total : 1793823
Bulan ini : 0
Hari ini : 0

© DPMPD Prov Kaltim @ 2021-2023