Tim Penilai Tetapkan Tiga Besar Lomdeskel 2021
08 Juni 2021 Arif Maulana Berita 6386
Tim Penilai Tetapkan Tiga Besar Lomdeskel 2021

SAMARINDA -- Tim Penilai Lomba Desa dan Kelurahan (Lomdeskel) 2021 menetapkan tiga besar desa dan kelurahan yang akan melaju ketahapan lomba selanjutnya. Penetapan tiga besar dilakukan tim penilai melalui rapat penetapan yang dipimpin Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (DPMPD) Kaltim M Syirajudin, di Ruang Kepala DPMPD Kaltim, Senin (7/6).

 

Tiga desa dimaksud Kampung Sumber Agung, Kecamatan Batu Putih, Kabupaten Berau, Desa Segendang, Kecamatan Batu Engau, Kabupaten Paser, serta Desa Bukit Raya, Kecamatan Sepaku, Kabupaten Penajam Paser Utara.

 

Sedangkan tiga kelurahan yakni Kelurahan Guntung,  Kecamatan Bontang Utara, Kota Bontang, Kelurahan Sumber Rejo, Kelurahan Balikpapan Utara, Kota Balikpapan, serta Kelurahan Dadi Mulya, Kecamatan Samarinda Ulu, Kota Samarinda.

 

Dikatakan Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (DPMPD) Kaltim M Syirajudin, mereka yang masuk tiga besar akan lanjut ketahap pemaparan/presentasi yang akan dilaksanakan pada tanggal 15 Juni 2021 untuk Desa dan tanggal 16 Juni 2021 untuk Kelurahan.

 

"Selamat bagi desa dan kelurahan yang sudah berhasil lolos ke tiga besar. Silahkan persiapkan presentasi terbaik terkait terobosan desa dan kelurahan untuk merebut kesempatan menjadi terbaik Lomdeskel 2021," kata M Syirajudin.

 

Kepala Desa/Kampung dan Lurah nantinya berpersan sebagai presenter saat sesi presentasi. Presenter tidak boleh diwakilkan dan didampingi DPMD/sebutan lain atau OPD Kabupaten/Kota yang membidangi urusan penyelenggaraan Perlombaan Desa/Kampung dan Kelurahan Tingkat Kabupaten /Kota Tahun 2021.

 

Dan diwajibkan menghadirkan unsur Camat, Ketua Tim Penggerak PKK Desa/Kampung dan Kelurahan, Ketua LPM (Desa/Kampung dan Kelurahan), dan Ketua BPD (Desa/Kampung). 

 

"Pengumuman Juara Perlombaan Desa/Kampung dan Kelurahan Tahun 2021 dilaksanakan pada tanggal 21 Juni 2021, " katanya.

 

Pemenang Lomba Desa/Kampung dan Kelurahan Tingkat Provinsi Kaltim mendapatkan penghargaan berupa uang pembinaan yang penyerahannya akan disampaikan kemudian dan Piagam Penghargaan akan diserahkan pada saat Peringatan HUT Provinsi Kaltim pada bulan Januari 2022.

 

Ditambahkan Kepala Bidang Pemerintahan Desa dan Kelurahan Kasmawati, Desa dan Kelurahan yang memiliki inovasi/terobosan (teknologi dan/atau sosial), produk unggulan serta unsur tematik yang bisa menjadi contoh bagi Desa/Kelurahan lainnya, menjadi bahan pertimbangan dalam menetapkan juara lomba Tingkat Provinsi.

 

Para Juara I (satu) Lomba Desa dan Kelurahan Tingkat Provinsi akan diusulkan untuk mengikuti Lomba Desa dan Kelurahan Tingkat Regional dan diundang ke Jakarta untuk mengikuti kegiatan Temu Karya Nasional yang penyelenggaraannya akan dirangkaikan dengan Pekan Inovasi Perkembangan Desa dan Kelurahan (PINDesKel) yang merupakan bagian dari Evaluasi Perkembangan Desa dan Kelurahan.

 

"Dalam rangka pembinaan dan pengawasan, Pemerintah Kabupaten/Kota agar menganggarkan rangkaian pelaksanaan Evaluasi Perkembangan Desa dan kelurahan dalam APBD Kabupaten/Kota yang meliputi Evaluasi Perkembangan Desa dan Kelurahan, Lomba Desa dan Kelurahan, Temu Karya Nasional dan Pekan Inovasi Perkembangan Desa dan Kelurahan, " kata Kasma.

 

Lomba desa diikuti tiga desa perwakilan Kabupaten Berau, Paser, dan Penajam Paser Utara. Kutai Kartanegara, Kutai Barat, Mahakam Ulu, dan Kutai Timur tidak imut karena keterbatasan anggaran dan masih ketidaksiapan mengikuti lomba.

 

Sedangkan lomba kelurahan diikuti lima kelurahan perwakilan Balikpapan, Bontang, Samarinda, Berau, dan Kutai Timur.(DPMPD Kaltim/arf)


Artikel Terkait
Info Permohonan Informasi
Artikel Terbaru
Gelar TTG X Resmi di buka
24 April 2024 22 Dilihat
Statistik
Online
Pengunjung Hari Ini
Halaman Dikunjungi Hari Ini 0
Total Pengunjung 198051
Total Halaman Dikunjungi 1793823
Government Public Relation

Jl. Abdul Wahab Sjahranie - Samarinda - Kaltim
Telp : (0541) 7779725,
Fax : (0541) 7779726
E-mail : dpmpd@kaltimprov.go.id
E-mail Pengaduan : dpmpdkaltim@gmail.com

Sitemap | Kontak | Webmail

Visitor
Total : 1793823
Bulan ini : 0
Hari ini : 0

© DPMPD Prov Kaltim @ 2021-2023