Tim Penilai Turun Lapangan Tinjau Tiga Besar Lomba BUMDes
09 September 2021 Arif Maulana Berita 6556
Tim Penilai Turun Lapangan Tinjau Tiga Besar Lomba BUMDes

SAMARINDA – Tim Penilai Lomba BUMDes tingkat Provinsi Kaltim 2021 mulai turun lapangan melakukan penilaian terhadap mereka yang masuk tigas besar. Sebagai pendahuluan tim melakukan penilaian terhadap BUMDesa Amanah, Desa Padang Jaya,  Kabupaten Paser, Kamis (9/9).

 

Tim penilai terdiri dari Kabid Pemerintahan Desa dan Kelurahan Kasmawati, Kabid Pembangunan Desa dan Kawasan Perdesaan Sri Wartini , Kasi Usaha Ekonomi Masyarakat Muriyanto.

 

“Ini merupakan tahapan penilaian lapangan terhadap mereka yang lolos penilaian untuk kategori pengelolaan keuangan, aset, dan kategori BUMDes terbaik dalam inovasi,” ujar Kepala DPMPD Kaltim M Syirajudin.

 

Menurutnya lomba sudah di mulai sejak Juli lalu dan sudah menyurati tujuh kabupaten untuk mengutus BUMDes terbaiknya. Setelah dokumen diterima DPMPD, selanjutnya dilakukan evaluasi terhadap dokumen-dokumen dari perwakilan masing-masing kabupaten, pada 26 Juli lalu.

 

Karena pandemi dan masing-masing kabupaten menerapkan PPKM level 4, maka dokumen baru bisa diseleksi pada 23 Agustus kemarin. BUMDes yang masuk tiga besar akan dilakukan visitasi atau kunjungan ke lapangan, yaitu Kabupaten Paser, Kutai Barat, Kutai Kartanegara, dan Kutai Timur yang akan dilaksanakan pada 5-6 September ini.

 

Syirajuddin mengakui dirinya sendiri yang menjadi ketua tim penilai dari kegiatan lomba BUMDes tahun ini, bersama anggota dari setiap bidang dari DPMPD Kaltim.

 

“Diharapkan, BUMDes masuk tiga besar, terus mempersiapkan diri semaksimal mungkin, karena tim penilai akan melakukan peninjauan dilapangan, untuk memastikan dokumen yang dikirim sesuai fakta dilapangan, dan riil adanya sesuai apa yang telah dinilai,” pesannya.


Ditambahkan, penilaian BUMDes sebagai pembinaan pemerintah provinsi kepada BUMDes di Kaltim agar pengelolanya terus bersemangat dan mencari terobosan baru atau inovasi sehingga semakin maju yang pada akhirnya masyarakat desa bisa sejahtera.


“BUMDes diminta mempersiapkan paparan dan dokumen sesuai sebenarnya, karena kita akan mulai melakukan kunjangan lapangan,”timpalnya.

 

Untuk pengumuman pemenang lomba BUMDes tingkat provinsi tahun ini, lanjut Syirajuddin, rencananya akhir September ini.

 

“Semoga lomba berjalan lancar. Bagi daerah yang belum masuk katagori menjadi pemacu untuk lebih maksimal bekerja memajukan BUMDesnya,” pesan Syirajuddin.(DPMPD Kaltim/arf)

 


Artikel Terkait
Info Permohonan Informasi
Artikel Terbaru
Gelar TTG X Resmi di buka
24 April 2024 27 Dilihat
Statistik
Online
Pengunjung Hari Ini
Halaman Dikunjungi Hari Ini 0
Total Pengunjung 198051
Total Halaman Dikunjungi 1793823
Government Public Relation

Jl. Abdul Wahab Sjahranie - Samarinda - Kaltim
Telp : (0541) 7779725,
Fax : (0541) 7779726
E-mail : dpmpd@kaltimprov.go.id
E-mail Pengaduan : dpmpdkaltim@gmail.com

Sitemap | Kontak | Webmail

Visitor
Total : 1793823
Bulan ini : 0
Hari ini : 0

© DPMPD Prov Kaltim @ 2021-2023