Tim Pusat Verifikasi Lapangan Lomba Desa Perempuan Inspiratif di Kukar
23 November 2022 Arif Maulana Berita 126
Tim Pusat Verifikasi Lapangan Lomba Desa Perempuan Inspiratif di Kukar

KUKAR – Tim Pusat melakukan verifikasi lapangan Lomba Desa Perempuan Inspiratif tahun 2022 ke Desa Loa Ulung, Kecamatan Tenggarong Seberang, Kabupaten Kutai Kartanegara, Rabu (23/11/2022).

 

Kepala Desa Loa Ulung Hermi Kuaria menjadi salah satu dari 20 kepala desa yang lolos tahap wawancara virtual untuk lanjut ke tahap penilaian verifikasi lapangan.

 

“Berdasarkan Surat Berita Acara Penetapan Hasil Analisis Data SDGs Desa Lomba Kepala Desa Perempuan Inspiratif Tahun 2022 nomor: 347/PDP.02.03/XI/2022 tanggal 18 November 2022, Panitia Lomba Kepala Desa Perempuan Inspiratif Tahun 2022 telah menetapkan 20 yang masuk tahap lanjutan,” kata Direktur Pengembangan Sosial Budaya dan Lingkungan Desa dan Perdesaan Kemendes PDTT Teguh Hadi Sulistiono yang juga sebagai Ketua Tim Juri.

Teguh Hadi menyebut kedatangannya lebih pada ingin melihat kiprah kepala desa perempuan, khususnya yang masuk tahap penilaian verifikasi lapangan.

 

Memastikan hasil wawancara yang sudah dilakukan secara virtual beberapa waktu lalu sesuai kondisi lapangan.

 

"Ingin lihat bagaimana giatnya kepala desa perempuan dan bagaimana giatnya kepada perempuan. Terbukti saat turun lapangan diketahui di desa ini terdapat 3 RT perempuan, BPD perempuan, dan kelompok wanita tani," katanya.

 

Dia mengaku tertarik dengan penyampaian kepala desa terkait rencana pembentukan Perdes Tentang KDRT. Tujuannya melindungi perempuan dari kekerasan rumah tangga.

 

Penilaian sendiri diakui melibatkan 7 organisasi pegiat perempuan yang tidak bisa diintervensi dalam melakukan penilaian.

 

Kepala Desa Loa Ulung Hermi Kuaria menyebut sudha memberi ruang bagi perempuan untuk berkiprah di perangkat desa, lembaga pemberdayaan masyarakat, hingga melaksanakan kegiatan pertanian.

 

" Kita ada lahan desa yang dimanfaatkan untuk pertanian tanaman jagung, buncis, dan mentimun. Ini dikelola ibu-ibu PKK dan kelompok LPM," bebernya.

 

Pada kesempatan itu dia mengaku bersyukur masuk nominasi kepala desa perempuan inspiratif mewakili Kaltim. "Di Kutai Kartanegara ada 7 kepala desa perempuan. Alhamdulillah saya berhasil mewarnai di tingkat nasional mewakili Kaltim," katanya.

 

Nampak hadir mendampingi Tim Verifikasi Lapangan Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kukar Arianto dan Penggerak Swadaya Masyarakat Ahli Muda Mariah.(DPMPD Kaltim/arf)


Artikel Terkait
Info Permohonan Informasi
Artikel Terbaru
Statistik
Online 2
Pengunjung Hari Ini 402
Halaman Dikunjungi Hari Ini 1517
Total Pengunjung 157821
Total Halaman Dikunjungi 1405388
Government Public Relation

Jl. MT Haryono - Samarinda - Kaltim
Telp : (0541) 7779725,
Fax : (0541) 7779726
E-mail : dpmpd@kaltimprov.go.id
E-mail Pengaduan : dpmpdkaltim@gmail.com

Sitemap | Kontak | Webmail

Visitor
Total : 1405389
Bulan ini : 1518
Hari ini : 1518

© DPMPD Prov Kaltim @ 2021