Tim Verlap Kunjungi Kabupaten Peraih Panji Bidang PMD Enam Tahun Berturut
02 November 2021 Arif Maulana Berita 6485
Tim Verlap Kunjungi Kabupaten Peraih Panji Bidang PMD Enam Tahun Berturut

TANJUNG REDEB -- Tim Verifikasi Lapangan (Verlap) Penilaian Panji Keberhasilan Pembangunan Bidang Pemberdayaan Masyarakat Desa/Kampung dan Kelurahan (PMD) 2021 melanjutkan tahapan verlap ke Kabupaten Berau.

 

Kabupaten Berau merupakan daerah peraih panji keberhasilan pembangunan PMD selama enam tahun berturut-turut sejak 2016 lalu.

 

"Ini kabupaten terakhir yang kita kunjungi untuk penilaian panji PMD kategori desa/kampung. Sebelumnya sudah lebih dulu kita lakukan verifikasi lapangan bagi Kabupaten Paser dan Kabupaten Kutai Kartanegara, " sebut Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (DPMPD) Kaltim M Syirajudin melalui Sekretaris Eka Kurniati yang menjadi pimpinan rombongan verlap ke Kabupaten Berau, Selasa (2/11).

 

Sedangkan untuk kategori kelurahan, tim baru melakukan verlap di Kota Balikpapan dan Samarinda. Kota Bontang rencanya dikunjungi setelah verlap di Kabupaten Berau atau tepatnya 3 November 2021.

 

Menurutnya verlap lebih pada upaya mengukur kesesuaian berkas yang disampaikan dengan kondisi riil di lapangan. Tiga kabupaten dan tiga kota yang masuk nominasi tiga besar dikunjungi untuk melengkapi tahapan penilaian sebelum dikompilasi dan dirapatkan untuk penetapan terbaik 1-3 setiap kategorinya.

 

Terbaik 1 akan menjadi daerah peraih panji keberhasilan pembangunan bidang PMD. Terbaik 2 dan 3 akan diberikan penghargaan dari Pemprov Kaltim sebagai daerah yang berhasil melaksanakan program pembangunan dan pemberdayaan masyarakat.

 

"Yang jelas ini merupakan bentuk komitmen daerah melaksanakan pembangunan bidang pemberdayaan masyarakat dan pemerintahan desa, " katanya.

 

Pemberian Panji Bidang PMD dilakukan melalui proses penilaian panjang oleh tim yang ditetapkan melalui SK Kepala DPMPD Kaltim. Tim melakukan penilaian mengacu indikator penilaian yang sudah ditetapkan bidang-bidang teknis DPMPD.

 

Hasil penilaian kemudian diserahkan kepada Balitbangda Kaltim sebagai leading sector pelaksanaan penilaian panji keberhasilan pembangunan dalam rangka HUT Pemprov Kaltim ke 65.

 

Dan terakhir ditetapkan melalui rapat bersama antara Balitbangda bersama OPD terkait, termasuk DPMPD untuk menetapkan pemenang Panji Keberhasilan Bidang PMD.

 

Seperti diketahui, DPMPD Kaltim pada HUT Pemprov Kaltim ke 65 tahun 2022 memberikan Panji Keberhasilan Pembangunan Bidang PMD tahun 2021 dengan dua kategori, yakni desa dan kelurahan. Setiap kategori diberikan Panji Keberhasilan Pembangunan Bidang PMD terbaik satu sampai tiga.

 

Pada HUT ke 64 tahun 2021 kategori desa diraih Kabupaten Berau (Terbaik I), Kutai Kartanegara (Terbaik II), dan Paser (Terbaik III). Sedangkan kategori kelurahan diraih Bontang (Terbaik I), Balikpapan (Terbaik II), dan Berau (Terbaik III).

 

Khusus Berau, Panji Keberhasilan Pembangunan Bidang PMD Kategori Desa Terbaik I tahun 2020 merupakan yang keenam diraih dalam rangkaian HUT Pemprov Kaltim.

 

Meski begitu Eka menyebut penilaian panji keberhasilan pembangunan bidang PMD 2021 lebih rumit. Sebab semua daerah terus memperbaiki kualitasnya untuk menjadi terbaik.

 

"Tinggal kita liat mana skornya yang paling tinggi dari seluruh aspek penilaian. Dan dirapatkan tim untuk penetapan terbaik darinyang terbaik, " katanya.

 

Penyerahan panji keberhasilan pembangunan Bidang PMD rencana akan dilakukan pada Upacara Peringatan HUT Pemprov Kaltim ke 65 pada 9 Januari 2022.(DPMPD Kaltim/arf)


Artikel Terkait
Info Permohonan Informasi
Artikel Terbaru
Gelar TTG X Resmi di buka
24 April 2024 14 Dilihat
Statistik
Online
Pengunjung Hari Ini
Halaman Dikunjungi Hari Ini 0
Total Pengunjung 198051
Total Halaman Dikunjungi 1793823
Government Public Relation

Jl. Abdul Wahab Sjahranie - Samarinda - Kaltim
Telp : (0541) 7779725,
Fax : (0541) 7779726
E-mail : dpmpd@kaltimprov.go.id
E-mail Pengaduan : dpmpdkaltim@gmail.com

Sitemap | Kontak | Webmail

Visitor
Total : 1793823
Bulan ini : 0
Hari ini : 0

© DPMPD Prov Kaltim @ 2021-2023