ToT Bentuk Tim Pelatih Program PAMSIMAS Kabupaten
23 Januari 2019 Admin Website Berita 7390
ToT Bentuk Tim Pelatih Program PAMSIMAS Kabupaten

BALIKPAPAN – Sebagai tindak lanjut kegiatan Master of Trainer (MoT) Integrasi Program Jangka Menengah (PJM) / Rencana Kegiatan Masyarakat (RKM) Program Air Minum Kesehatan dan Sanitasi (Pro Aksi) ke dalam Dokumen Perencanaan dan Penganggaran Desa, dilaksanakan Training of Trainer (ToT) mulai tanggal 22-25 Januari 2019.

Kegiatan yang berlangsung di Hotel Aston, Balikpapan ini terselenggara atas kerjasama Kemendagri, Kemen PU dan Perumahan Rakyat, Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi, Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional, Pemprov Kaltim (Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa Provinsi), serta didukung oleh World Bank.

“Salah tujuan kegiatan ini adalah untuk membentuk Tim Pelatih Tingkat Kabupaten untuk Program PAMSIMAS (Penyediaan Air Minum dan Sanitasi Berbasis Masyarakat), khususnya kegiatan Pelatihan Integrasi PJM ke dalam Dokumen Perencanaan Penganggaran Desa,” ujar Kepala DPMPD Kaltim, Moh Jauhar Efendi.

Hal tersebut disampaikan saat memberi arahan yang sekaligus membacakan sambutan Dirjen Bina Pemerintahan  Desa Kemendagri, Nata Irawan pada pembukaan ToT Integrasi Perencanaan Jangka Menengah Program Air Minum, Kesehatan dan Sanitasi dan Rencana Kerja Masyarakat ke dalam Dokumen Perencanaan dan Penganggaran Desa Kaltim, di Balikpapan, Selasa (22/1) malam.

Jauhar mengingatkan, bagi Pemerintah Desa/Kampung jangan ragu-ragu untuk memberikan dukungan anggaran melalui APBDes guna terwujudnya Program PAMSIMAS.

“Sebuah kebanggan bagi saya, karena dua orang staf saya, yaitu Saudara Muriyanto dan Saudara Vincentius Ponco Samadi didaulat untuk bagian dari Tim Fasilitator selama kegiatan pelatihan berlangsung,” katanya.

Sedangkan arahan Dirjen Bina Pemerintahan Desa Kemendagri, Nata Irawan yang dibacakan Jauhar intinya menyampaikan bahwa pemenuhan kebutuhan masyarakat terhadap akses air minum yang bersih dan kesehatan lingkungan merupakan hal mendasar dan menjadi agenda pokok kebijakan pemangunan negara serta komitmen bersama di tingkat internasional dalam Millenium Development Goal (MDGs).

Peserta pelatihan selain para koordinator PAMSIMAS tingkat Kabupaten, juga para Tenaga Ahli Tingkat Kabupaten P3MD (Program Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat Desa), dari unsur DPMPD Kabupaten, Bappeda, Dinas PU dan Dinas Kesehatan Kabupaten.

 Hadir pada acara pembukaan antara lain, Direktur Pendayagunaan Sumber Daya Alam dan Teknologi Tepat Guna Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi serta pejabat dari Direktorat Jenderal Bina Pemerintahan Desa Kemendagri.(MJE)


Artikel Terkait
Info Permohonan Informasi
Artikel Terbaru
Statistik
Online
Pengunjung Hari Ini
Halaman Dikunjungi Hari Ini 0
Total Pengunjung 198051
Total Halaman Dikunjungi 1793823
Government Public Relation

Jl. Abdul Wahab Sjahranie - Samarinda - Kaltim
Telp : (0541) 7779725,
Fax : (0541) 7779726
E-mail : dpmpd@kaltimprov.go.id
E-mail Pengaduan : dpmpdkaltim@gmail.com

Sitemap | Kontak | Webmail

Visitor
Total : 1793823
Bulan ini : 0
Hari ini : 0

© DPMPD Prov Kaltim @ 2021-2023