ULS P3P Unmul Samarinda Tawarkan Kerjasama Peningkatan Kapasitas Kepala Desa
20 Januari 2021 Admin Website Berita 6937
ULS P3P Unmul Samarinda Tawarkan Kerjasama Peningkatan Kapasitas Kepala Desa

SAMARINDA – Unit Layanan Strategis Pusat Kajian Pemberdayaan dan Pembangunan Kawasan Perdesaan (ULS P3P) Universitas Mulawarman (Unmul) Samarinda menawarkan kerjasama dengan Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (DPMPD) Kaltim dalam hal peningkatan kapasitas aparatur desa.

“Kita ingin ada kolaborasi antara ULS P3P dengan DPMPD Kaltim. Sesuai peran ULS P3P berperan dalam pembangunan kawasan perdesaan yang berbasis partisipasi serta pengembangan potensi SDA menuju kemandirian desa,”kata Ketua ULS P3P yang juga Ketua Program Studi Ilmu Pemerintahan Fisipol Unmul Samarinda, Iman Surya saat berkunjung ke Kantor DPMPD Kaltim, Rabu (20/1).

Melalui kerjasama tersebut nantinya ULS P3P akan melaksanakan tiga program bagi kepala desa, yakni pelaksanaan beberapa materi pendidikan dan pelatihan bagi aparatur desa, assesment, dan public speaking.

Beberapa paket program pendidikan dan pelatihan nantinya diberikan untuk menunjang peningkatan kepala desa maupun perangkat desa terkait pengetahuan dibutuhkan dalam penyelenggaraan pemerintahan desa.

Pun demikian assesment dianggap penting untuk mengukur kapasitas setiap kepala desa sebagai pimpinan atau kepala wilayah administrasi pemerintahan terkecil. “Karena selama ini memang belum pernah dilakukan pemetaan kemampuan kepala desa dalam menjabarkan visi misi kepala daerah dalam pelaksanaan pembangunan desa,”katanya.

Sedangkan public speaking dimaksudkan agar kepala desa punya kemampuan berbicara yang baik dalam menyampaikan program pemerintah. Termasuk dalam berkomunikasi dengan masyarakat desa dalam rangka menyerap aspirasi masyarakat desa.

Menyikapi itu, Kepala DPMPD Kaltim M Syirajudin mengaku siap berkolaborasi dengan ULS P3P. Kolaborasi dalam pelaksanaan kegiatan masing-masing dengan target jelas dan terarah. “Mereka ada anggaran dan kita ada anggaran, tapi sasarannya sama. Jadi tinggal dibahas formula kerjasamanya seperti apa untuk bisa terealisasi,”katanya.

Dia menyebut kegiatan yang ditetapkan DPMPD Kaltim ada kemiripan dengan yang akan dilakukan ULS P3P, diantaranya seperti peningkatan kapasitas kepala desa yang dilaksanakan Bidang Pemerintahan Desa dan Kelurahan dan pembangunan kawasan perdesaan seperti yang dilaksanakan Bidang Pembangunan Desa dan Kawasan Perdesaan.

Termasuk dalam peningkatan kapasitas masyarakat melalui Bidang Pemberdayaan kelembagaan dan Sosbudmasy, maupun peningkatan kualitas lingkungan dan pemberdayaan ekonomi masyarakat yang bisa dilaksanakan dengan Bidang Usaha Ekonomi Masyarakat, SDA, dan Teknologi Tepat Gun

“Pendek kata kita siap berkolaborasi. Silahkan dibahas formula kerjasamanya. Lahirnya ULS P3P membantu kita dalam mencapai target peningkatan Indeks Desa Membangun (IDM) desa Kaltim. Secara langsung kalau kapasitas kepala desa mumpuni tentu peningkatan 3 indeks komposit indikator IDM bisa terwujud,”yakinnya.

Senada dengan itu, Sekretaris DPMPD Kaltim Surono mengaku menyambut baik tawaran kerjasama. Tinggal perlu menyamakan persepsi masuknya dimana.

“Secara pribadi setuju dan sepakat kerjasama 3 hal tersebut, yakni bimtek, asesmen aparatur desa, dan public speaking aparatur desa. Tinggal kita bahas bersama polanya seperti apa,”timpalnya.

Pertemuan tersebut juga dihadiri para kepala bidang dan kepala seksi lingkup DPMPD Kaltim dan perwakilan ULS P3P.(DPMPD Kaltim/arf) 


Artikel Terkait
Info Permohonan Informasi
Artikel Terbaru
Gelar TTG X Resmi di buka
24 April 2024 5 Dilihat
Statistik
Online
Pengunjung Hari Ini
Halaman Dikunjungi Hari Ini 0
Total Pengunjung 198051
Total Halaman Dikunjungi 1793823
Government Public Relation

Jl. Abdul Wahab Sjahranie - Samarinda - Kaltim
Telp : (0541) 7779725,
Fax : (0541) 7779726
E-mail : dpmpd@kaltimprov.go.id
E-mail Pengaduan : dpmpdkaltim@gmail.com

Sitemap | Kontak | Webmail

Visitor
Total : 1793823
Bulan ini : 0
Hari ini : 0

© DPMPD Prov Kaltim @ 2021-2023