Utusan Kaltim Melaju Tahap Pemaparan 3 Besar Lomdeskel Tingkat Nasional Regional 3 
06 Agustus 2023 Arif Maulana Berita 4721
Utusan Kaltim Melaju Tahap Pemaparan 3 Besar Lomdeskel Tingkat Nasional Regional 3 

SAMARINDA -- Utusan perwakilan Provinsi Kaltim pada ajang Lomba Desa dan Kelurahan (Lomdeskel) tingkat Nasional Regional 3 melaju tahapan pemaparan 3 besar. 

 

Kampung Labanan Makarti, Kecamatan Teluk Bayur, Kabupaten Berau dan Kelurahan Sumber Rejo, Kecamatan Balikpapan Tengah akan memaparkan perkembangan dan kemajuan yang telah dicapai dihadapan Tim Penilai, di Jakarta, 8 s.d. 11 Agustus 2023.

 

"Berdasarkan pengumuman Nomor 1834/Peng/DIT.V/VIII/2023 tentang Penetapan Hasil Penilaian Pleno Klarifikasi Lapangan Lomba Desa dan Kelurahan Tingkat Regional Tahun 2023 telah ditetapkan 3 (tiga) Desa dan 3 (tiga) Kelurahan di setiap regional untuk mengikuti tahapan pemaparan Calon Juara Penjaringan Desa dan Kelurahan Berprestasi Tahun 2023," ujar Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (DPMPD) Kaltim Anwar Sanusi didampingi Kabid Pemdeskel Dakwan Diny, Sabtu (6/8/2023).

 

Peserta pemaparan calon Juara Penjaringan Desa dan Kelurahan berprestasi Tahun 2023 terdiri dari 6(enam) orang yaitu Kepala Desa atau Lurah, Ketua Tim Penggerak PKK Desa/Kelurahan, BPD/LPM, Camat lokasi Desa/Kelurahan calon juara, pendamping Kabupaten/Kota dan pendamping Provinsi.

 

Dia berharap duo wakil Kaltim ini kembali mampu berbicara di kancah nasional. Mempertahankan raihan Penghargaan Upakarya Wanua Nugraha sebagai juara Lomdeskel tingkat Nasional Regional 3 yang diraih tahun lalu.

 

Upakarya Wanua Nugraha sendiri merupakan penghargaan yang diberikan kepada Gubernur, Bupati dan Walikota yang dianggap berhasil melakukan pembinaan terhadap desa dan kelurahan, sehingga berhasil meraih juara lomba desa dan kelurahan di ajang tingkat nasional. 

 

Lomba desa dan kelurahan merupakan evaluasi dan penilaian perkembangan desa kelurahan bidang pemerintahan kewilayahan dan kemasyarakatan yang dilakukan secara berjenjang mulai dari tingkat kecamatan kabupaten/kota, provinsi, hingga tingkat regional.

 

Untuk diketahui, Kampung Labanan Makarti dan Kelurahan Karang Rejo sebelumnya telah melalui tahap panjang Lomdeskel. Terakhir keduanya lolos lima besar untuk masuk tahap klasifikasi lapangan dan akhirnya lolos tiga besar untuk masuk tahap paparan menentukan terbaik 1-3.

 

Kampung Labanan Makarti masuk tiga besar bersama Desa Jawai Laut Kecamatan Jawai Selatan Kab. Sambas Provinsi Kalimantan Barat, dan Desa Bambonon Kecamatan Manto Kab. Banggai Provinsi Sulawesi Tengah.

 

Kemudian Kelurahan Karang Rejo masuk lima besar bersama Kelurahan Ketapang Mentawa Baru Kecamatan Ketapang Kab. Kotawaringin Timur Provinsi Kalimantan Tengah, Kelurahan Maccini Sombala Kecamatan Tamalate Kota Makassar Provinsi Sulawesi Selatan.(DPMPD Kaltim/arf)


Artikel Terkait
Info Permohonan Informasi
Artikel Terbaru
Gelar TTG X Resmi di buka
24 April 2024 43 Dilihat
Statistik
Online
Pengunjung Hari Ini
Halaman Dikunjungi Hari Ini 0
Total Pengunjung 198051
Total Halaman Dikunjungi 1793823
Government Public Relation

Jl. Abdul Wahab Sjahranie - Samarinda - Kaltim
Telp : (0541) 7779725,
Fax : (0541) 7779726
E-mail : dpmpd@kaltimprov.go.id
E-mail Pengaduan : dpmpdkaltim@gmail.com

Sitemap | Kontak | Webmail

Visitor
Total : 1793823
Bulan ini : 0
Hari ini : 0

© DPMPD Prov Kaltim @ 2021-2023