Wagub Dukung Pembentukan MHA Kaltim
30 Desember 2021 Arif Maulana Berita 6675
Wagub Dukung Pembentukan MHA Kaltim

SAMARINDA -- Wakil Gubernur Kaltim Hadi Mulyadi mendukung pembentukan Masyarakat Hukum Adat (MHA) di Provinsi Kaltim. Keberadaan MHA dianggap penting karena mendukung upaya menjaga hutan lestari.

 

"Kita sangat mendukung pembentukan MHA, karena merekalah yang membantu dalam menjaga kelestarian hutan, " ujar Wagub Hadi Mulyadi saat menerima audiensi jajaran Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (DPMPD) Kaltim, di Ruang Kerja Wagub Kaltim, Kamis (30/12).

 

Dia berharap jajaran DPMPD Kaltim mendorong kabupaten se Kaltim untuk meniru Kabupaten Paser yang sudah lebih dulu membentuk MHA.

Kepala DPMPD Kaltim M Syirajudin menyebut sesuai tugas dan fungsi DPMPD, sudah seyogyanya mendorong kabupaten lain menetapkan MHA.

 

"MHA ini yang menjaga keseimbangan alam. Sebagai contoh MHA Muluy. Disana ada Gunung Lumut yang dijaga kelestarian. Penting dijaga hulunya karena Gunung Lumur membawahi lima Daerah Aliran Sungai (DAS), " katanya.

 

Menurutnya di Kaltim baru ada dua MHA yang ditetapkan, yakni MHA Muluy, Desa Swan Slutung, Kecamatan Muara Komam dan MHA Paring Sumpit, Desa Muara Andeh, Kecamatan Muara Samu, Kabupaten Paser.

 

Untuk diketahui, penetapan MHA dimulai identifikasi masyarakat adatnya, terbentuk MHA dan terakhir ditetapkan hutan adat.

 

Ada beberapa kriteria penetapannya, diantaranya wilayah, penduduk, penyebaran barang antik, dan hutan. “Harapan kita dengan MHA bisa menjaga alam untuk anak cucu,”yakinnya.(DPMPD Kaltim/arf)

 


Artikel Terkait
Info Permohonan Informasi
Artikel Terbaru
Gelar TTG X Resmi di buka
24 April 2024 30 Dilihat
Statistik
Online
Pengunjung Hari Ini
Halaman Dikunjungi Hari Ini 0
Total Pengunjung 198051
Total Halaman Dikunjungi 1793823
Government Public Relation

Jl. Abdul Wahab Sjahranie - Samarinda - Kaltim
Telp : (0541) 7779725,
Fax : (0541) 7779726
E-mail : dpmpd@kaltimprov.go.id
E-mail Pengaduan : dpmpdkaltim@gmail.com

Sitemap | Kontak | Webmail

Visitor
Total : 1793823
Bulan ini : 0
Hari ini : 0

© DPMPD Prov Kaltim @ 2021-2023