Wagub Hadi Pastikan Kaltim Akan Siapkan Semua Secara Baik
26 Agustus 2019 Admin Website Berita 6686
Wagub Hadi Pastikan Kaltim Akan Siapkan Semua Secara Baik

SAMARINDA – Wakil Gubernur Kaltim, Hadi Mulyadi mengapresiasi kebijakan pemerintah yang menetapkan Kaltim sebagai lokasi Ibu Kota Negara baru. Atas nama Pemprov Kaltim, pribadi, dan masyarakat Kaltim dia mengucapkan penghargaan setinggi-tingginya atas keputusan tersebut.

“Masyararakat akan bekerja keras mewujudkan cita-cita Presiden Jokowi memindahkan Ibu Kota Negara ke wilayah Kaltim,” kata Wagub Hadi Mulyadi ketika dikonfirmasi perihal kebijakan pemindahan Ibu Kota Negara ke Kaltim, di Kantor Gubernur Kaltim, Senin (26/8) sore.

Dia memastikan Pemprov Kaltim didukung Pemkab/Pemkot se Kaltim beserta DPRD akan mendukung menyiapkan semuanya secara baik. Sebab sejak awal ada rencana pemindahan Ibu Kota Negara mencuat, masyarakat Kaltim sepenuh hati siap menerima keputusan itu.

Menurutnya, masyarakat Kaltim dituntut harus meningkatkan kapasitas dan pendidikannya sebagai persiapan menghadapi persaingan kualitas SDM sebagai lokasi Ibu Kota Negara. Maksudnya agar sasaran pemindahan Ibu Kota Negara mewujudkan pemerataan pembangunan dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat benar-benar dirasakan masyarakat Kaltim.

“Kita berharap dengan keputusan ini masyarakat merasakan manfaatnya. Masyarakat aman, nyaman, dan sejahtera. Jangan sampai kita hanya menjadi penonton,” katanya.

Terkait arah kebijakan Kaltim, dia mengaku Visi Misi pembangunan Kaltim tidak banyak berbeda dengan arah target pembangunan nasional. Karenanya dia menilai tidak perlu penyesuaian berarti antara kebijakan pusat dan daerah.

Hanya saja, Hadi berpesan agar pusat merencanakan secara matang realisasi rencana pemindahan Ibu Kota Negara baru tersebut agar bukan sekedar mendukung program nasional, tapi memberi dampak kemajuan bagi daerah.

Seperti diketahui, sekitar pukul 14.30 Wita Presiden Jokowi mengumumkan pemindahan Ibu Kota Negara ke Kaltim melalui penyataan resminya di Istana Presiden Jakarta yang disiarkan secara langsung melalui TV Nasional.

Dia didampingwi Wapres Jusuf Kalla, Gubernur Kaltim, Isran Noor, Gubernur DKI, Anies Baswedan, Menteri Bappenas, Bambang Brodjonegoro, Mendagri Tjahjo Kumolo, Menteri ATR, Sofyan Djalil, dan Menteri LH, Siti Nurbaya.

Lokasinya ditetapkan di sebagian wilayah Kabupaten Penajam Paser Utara dan sebagian lain di wilayah Kabupaten Kutai Kartanegara yang dianggap bebas dari rawan bencana nasional seperti banjir, tsunami, dan tanah longsor. Selain itu, lokasi Kaltim strategis karena berada di tengah wilayah Indonesia.

Rencana tersebut paling lambat diselesia pada 2024 dengan total kebutuhan dana mencapai Rp466 Triliun. Rinciannya 19 persen APBN skema kerjasama pengelolaan asset dari Jakarta dan daerah Ibu Kota Negara baru.

Melalui siaran TV Nasional yang sama Gubernur Kaltim, Isran Noor mengaku tidak ada pilihan semua harus siap. Dia akan segera berkoordinasi dengan Bupati Kutai Kartanegara dan Bupati Penajam Paser Utara perihal dukungan Kaltim terkait pemindahan ibu Kota Negara.(DPMPD Kaltim/arf)


Artikel Terkait
Info Permohonan Informasi
Artikel Terbaru
Statistik
Online
Pengunjung Hari Ini
Halaman Dikunjungi Hari Ini 0
Total Pengunjung 198051
Total Halaman Dikunjungi 1793823
Government Public Relation

Jl. Abdul Wahab Sjahranie - Samarinda - Kaltim
Telp : (0541) 7779725,
Fax : (0541) 7779726
E-mail : dpmpd@kaltimprov.go.id
E-mail Pengaduan : dpmpdkaltim@gmail.com

Sitemap | Kontak | Webmail

Visitor
Total : 1793823
Bulan ini : 0
Hari ini : 0

© DPMPD Prov Kaltim @ 2021-2023