Wagub Hadi Resmikan Kapal Kemanusiaan 08 Kaltim
29 November 2019 Admin Website Berita 1479
Wagub Hadi Resmikan Kapal Kemanusiaan 08 Kaltim

SAMARINDA -- Wakil Gubernur (Wagub) Kaltim, Hadi Mulyadi meresmikan Kapal Kemanusiaan 08 Kaltim. Peresmian diwakili , Pelaksana tugas Asisten Pemerintahan dan Kesra Moh Jauhar Efendi, di Hotel Senyiur, Samarinda (28/11).

Kapal kemanusiaan ini sepenuhnya didanai Asia Moslem Charity Fondation (AMCF). Di Kaltim dipersiapkan tiga unit Terdiri satu unit speedboat, satu unit kapal kayu yang bisa mengangkut logistik kapasitas muat 15 ton dan satu unit kapal klotok (dalam tahap penyelesaian).

Kapal kemanusiaan semacam ini sudah beroperasi di beberapa tempat, termasuk membantu warga yang terkena bencana alam. Bantuan untuk penanganan bencana alam bekerjasama dengan Basarnas, BNPB, BPBD dan instansi terkait.

"Semoga kapal kemanusiaan ini bisa bermanfaat untuk kegiatan sosial kemasyarakatan di wilayah Kalimantan Timur. Juga mendorong kepedulian pihak swasta baik perusahaan maupun organisasi lainnya untuk berkontribusi terhadap pembangunan segala sektor di Kaltim," kata Jauhar.

Menurutnya, program ini adalah program yang sangat mulia sehingga bekerjasama dalam pelaksanaan programnya menjadi kebanggaan bagi pemerintah daerah. Dia berharap Asia Moeslim Charity Foundation (AMCF) dapat berkoordinasi dengan pemerintah daerah seperti BPBD, Dinas Sosial, Dinas Kesehatan dan Basarnas serta organisasi kemasyarakatan yang ada di Kaltim untuk mengoptimalkan pemanfaatan kapal kemanusiaan 08.

Terutama diperuntukkan untuk masalah kemanusiaan. Pemerintah daerah bisa memadukan program kegiatan untuk menunjang pelayanan kesehatan atau bahkan yang berkaitan dengan kedaruratan.

Terebih hingga saat ini masih ada daerah Kaltim yang hanya bisa dijangkau melalui sungai, karena itu kapal kemanusiaan tersebut diharapkan bisa membantu berbagai kegiatan yang berkaitan dengan kesejahteraan masyarakat karena secara tidak langsung kapal tersebut bisa membantu program-program pemerintah.

“Pemanfaatannya dapat difungsikan untuk berbagai misi kemanusiaan seperti memberikan bantuan sosial pendidikan dan mobilisasi di daerah yang sulit dijangkau melalui darat,” katanya

Pada kesempatan itu dia berterima kasih kepada AMCF yang ikut membantu untuk melayani masyarakat Kalimantan Timur dalam operasinya kapal kemanusiaan yang ke-8 ini

Setelah acara persemian, dilanjutkan peninjauan kapal di Pelabuhan Wisata Samarinda. Diketahui, Yayasan AMCF ini bergerak di bidang pendidikan, kemanusiaan, proyek dan keagamaan.

Hadir donatur AMCF dari Dubai Dr Mohammed MTM Al-Khoory, Pembina AMCF, Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Kaltim, Purek I UMKT, perwakilan dari Korem 091/ASN, Polresta Samarinda, Basarnas, BPBD dan perangkat daerah terkait lingkup Pemprov Kaltim.(DPMPD Kaltim/MJE/arf)


Artikel Terkait
Info Permohonan Informasi
Artikel Terbaru
Statistik
Online 1
Pengunjung Hari Ini 426
Halaman Dikunjungi Hari Ini 1692
Total Pengunjung 157833
Total Halaman Dikunjungi 1405565
Government Public Relation

Jl. MT Haryono - Samarinda - Kaltim
Telp : (0541) 7779725,
Fax : (0541) 7779726
E-mail : dpmpd@kaltimprov.go.id
E-mail Pengaduan : dpmpdkaltim@gmail.com

Sitemap | Kontak | Webmail

Visitor
Total : 1405565
Bulan ini : 1694
Hari ini : 1694

© DPMPD Prov Kaltim @ 2021