Wagub Idamkan Kaltim Jadi Produsen Buah Nasional
12 April 2019 Admin Website Berita 6578
Wagub Idamkan Kaltim Jadi Produsen Buah Nasional

SAMARINDA – Sektor Pertanian Tanaman Pangan dan Hortikultura Kaltim disebut memiliki potensi menjanjikan jika dikembangkan secara serius. Karenanya instansi membidangi urusan pertanian diharap memberikan pelatihan dan bantuan bibit unggul bagi petani untuk mendukung pengembangan usaha pertanian masyarakat.

Wakil Gubernur Kaltim, Hadi Mulyadi mengaku mengidamkan pada saatnya Kaltim menjadi produsen buah nasional.

“Banyak sesungguhnya sektor pertanian arti luas yang bisa dikembangkan. Saat panen bibit di Loa Janan ada 10 pohon duku yang dikembangkan buahnya lebih manis dari Duku Palembang. Makanya saya tanya kenapa cuma tanam 10 pohon. Padahal bisa dikembangkan skala besar,” ujar Wagub Hadi, di Samarinda, Jumat (12/4).

Wagub menyarankan bibit tersebut dikembangkan hingga 10 ribu -- 20 ribu pohon.  Kemudian bibit dibagi ke seluruh Kaltim untuk mendukung pengembangan usaha pertanian masyarakat.

Bila berhasil, Kaltim bisa menjadi produksi duku dengan kualitas unggul. Setidaknya produksi buahnya bisa memenuhi kebutuhan permintaan masyarakat Kaltim, sehingga tidak perlu mendatangkan dari luar. Dan jika produksinya surplus bisa dikirim untuk memenuhi permintaan kebutuhan daerah lain.

“Petani cukup diberi pelatihan dan bibit sudah bisa jalan. Yang penting serius.  Jadi kita tidak perlu impor dari daerah lain. Semua bisa berkembang di Kaltim. Tidak hanya duku. Kelengkeng juga bisa. Termasuk sektor pertanian arti luas lain seperti peternakan dan perikanan kelautan,” katanya.(DPMPD Kaltim/arf)

 

 


Artikel Terkait
Info Permohonan Informasi
Artikel Terbaru
Statistik
Online
Pengunjung Hari Ini
Halaman Dikunjungi Hari Ini 0
Total Pengunjung 198051
Total Halaman Dikunjungi 1793823
Government Public Relation

Jl. MT. Haryono No.96, Air Putih, Kec. Samarinda Ulu, Kota Samarinda, Kalimantan Timur 75124
Telp : (0541) 7779725,
Fax : (0541) 7779726
E-mail : dpmpd@kaltimprov.go.id
E-mail Pengaduan : dpmpdkaltim@gmail.com

Sitemap | Kontak | Webmail

Visitor
Total : 1793823
Bulan ini : 0
Hari ini : 0

© DPMPD Prov Kaltim @ 2021-2023