Wagub Tegaskan TTG Untuk Pemberdayaan dan Kesejahteraan Masyarakat
17 November 2022 Arif Maulana Berita 1008
Wagub Tegaskan TTG Untuk Pemberdayaan dan Kesejahteraan Masyarakat

BALIKPAPAN - Wakil Gubernur Kalimantan Timur Hadi Mulyadi menghadiri sekaligus membuka Rapat Teknis dan Workshop Teknologi Tepat Guna Provinsi Kaltim Tahun 2022, di Platinum Hotel Balikpapan, Kamis 17 November 2022.

 

Rapat Teknis Teknologi Tepat Guna yang digagas Dinas Pemberdayaan Masyarakat Pemerintahan Desa (DPMPD) Provinsi Kaltim menghadirkan narasumber Staf Ahli Bidang Pengembangan Wilayah Kemendes PDTT, Tenaga Ahli Pemberdayaan Masyarakat Kemendes PDTT, Praktisi Pemberdayaan Masyarakat, dan Institut Teknologi Kalimantan.

Atas nama masyarakat dan Pemerintah Provinsi Kaltim, Wagub Hadi Mulyadi mengapresiasi jajaran DPMPD guna meningkatkan daya saing desa/kelurahan melalui pengembangan teknologi tepat guna.

 

"Sehingga masyarakat mampu meningkatkan daya saing, nilai tambah, keunggulan kreativitas dan produktivitas menuju keberdayaan dan kemandirian masyarakat desa," ungkap Wagub Hadi Mulyadi.

 

Karena itu, orang nomor dua Benua Etam ini menegaskan pengelolaan TTG harus dilaksanakan secara partisipatif, keterpaduan, mempertimbangkan potensi sumber daya lokal, berwawasan lingkungan dan memberdayakan masyarakat setempat.

 

Rapat teknis ini menurut dia, sangat penting bagi Pemprov Kaltim maupun Pemerintah Kabupaten/Kota se Kaltim untuk dapat memberikan perhatian lebih terhadap pengembangan desa dan kelurahan.

 

"Untuk itu semua, tugas dan tanggung jawab ini harus dilakukan dengan kerja keras dan kerja secara tulus ikhlas, bangun kerja sama (sinergi dan kolaborasi), cintai pekerjaan agar terasa ringan dilakukan, dan terakhir jangan lupa berdoa, agar apa yang dikerjakan menjadi mudah dan mendapat keberkahan," pungkas mantan legislator Karang Paci dan Senayan ini, dilanjutkan pemukulan gong tanda dibukanya Rapat Teknis dan dimulainya Workshop TGG 2022.

 

Dalam laporanya, Sekretaris Dinas PMPD Kaltim Eka Kurniati mengemukakan pengembangan pengetahuan dan teknologi perlu difokuskan pada upaya pengembangan yang berbasiskan potensi/kekayaan sumber daya yang dimiliki.

 

Selain itu, pembangunan daerah diarahkan pada penguatan potensi lokal yang menjadi pendukung utama pelaksanaan pembangunan ekonomi berbasis pengetahuan.

 

"Teknologi Tepat Guna adalah salah satu alat yang efektif dalam upaya pemberdayaan masyarakat, juga meningkatkan pendapatan masyarakat," ujarnya.

 

Ditambahkannya, kedepan pengelolaan TTG diharapkan permasalahan hidup masyarakat dapat diatasi secara mandiri, sehingga mewujudkan kesejahteraan masyarakat.

Rapat teknis dilaksanakan selama sehari. Sedangkan Workshop TTG 2022 dilaksanakan 17 - 24 November di Balai Latihan Kerja Balikpapan diikuti 100 orang dari DPMD kabupaten/kota, swasta, akademisi, Pemerintah Kecamatan dan Lurah serta Kepala Desa, Lembaga Kemsyarakatan Desa, Forum Komunikasi Posyantek dan Forum Komunukasi Pemberdayaan Masyrakat Kaltim, serta Pengurus Posyantek/Posyantekdes.(DPMPD Kaltim/arf)


Artikel Terkait
Info Permohonan Informasi
Artikel Terbaru
Statistik
Online
Pengunjung Hari Ini
Halaman Dikunjungi Hari Ini 0
Total Pengunjung 198051
Total Halaman Dikunjungi 1793823
Government Public Relation

Jl. Abdul Wahab Sjahranie - Samarinda - Kaltim
Telp : (0541) 7779725,
Fax : (0541) 7779726
E-mail : dpmpd@kaltimprov.go.id
E-mail Pengaduan : dpmpdkaltim@gmail.com

Sitemap | Kontak | Webmail

Visitor
Total : 1793823
Bulan ini : 0
Hari ini : 0

© DPMPD Prov Kaltim @ 2021-2023