Workshop Tindak Lanjuti Inpresi Optimalisasi Penyelenggaraan Kampung KB
27 September 2023 Arif Maulana Berita 4764
Workshop Tindak Lanjuti Inpresi Optimalisasi Penyelenggaraan Kampung KB

SAMARINDA - Workshop Perumusan Isu Kependudukan di Kampung Keluarga Berkualitas Tingkat Provinsi Kalimantan Timur dan Kalimantan Utara diselenggarakan dalam rangka menindaklanjuti Inpres Nomor 3 Tahun 2022 tentang Optimalisasi Penyelengaraan Kampung Keluarga Berkualitas (KB) dan dalam rangka revitalisasi Pokja Kampung KB tingkat Provinsi Kaltim.

 

Demikian ditegaskan Sekretaris Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (DPMPD) Kaltim Eka Kurniati ketik dikonfirmasi keikutsertaannya pada Workshop Perumusan Isu Kependudukan di Kampung Keluarga Berkualitas Tingkat Provinsi Kalimantan Timur dan Kalimantan Utara, di Hotel Mercure Samarinda, Rabu (27/9/2023).

 

Menurutnya Kampung Keluarga Berkualitas merupakan salah satu inovasi strategis untuk dapat mengimplementasikan kegiatan-kegiatan prioritas kependudukan, keluarga berencana, dan prembangunan keluarga secara utuh di lapangan.

 

Kampung Keluarga Berkualitas salah satu  model miniatur pelaksanaan total program  keluarga berencana dan pembangunan keluarga (KBPK). Oleh karena itu diharapkan semua pihak, bisa bersinergi dengan kementerian, lembaga pemerintah daerah mitra kerja stakeholders, instansi terkait sesuai dengan kebutuhan dan kondisi wilayah setempat.

 

Tujuan umum kampung berkualitas adalah untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat di tingkat kampung atau desa melalui program kependudukan keluarga berencana dan pembangunan keluarga serta pembangunan sektor terkait dalam rangka mewujudkan keluarga kecil berkualitas.

 

“Semoga workshop pengelolaan kampung berkualitas dapat berdampak langsung dan signifikan terhadap pengurangan kemiskinan dan kesenjangan, serta mendorong kreativitas keluarga dalam meningkatkan produktivitas, serta meningkatkan kualitas sumber daya manusia dalam keluarga di masing-masing tapak,” katanya.

 

 workshop KB ini secara umum bertujuan memfasilitasi pengelola kampung keluarga berkualitas dan stakeholder di tingkat provinsi dan kabupaten dan kota terkait penyelenggaraan Kampung Keluarga Berkualitas sera meningkatkan konvergensi lintas sektor dalam membangun kualitas Kampung KB.

 

Adapun tujuan khususnya adalah menyosialisasikan arah kebijakan dan Inpres No 3 tahun 2022 tentang Optimalisasi Penyelenggaraan Kampung Keluarga Berkualitas. Menguatkan komitmen dan peran stakeholder kunci dalam penyelenggaraan Kampung Keluarga Berkualitas. Menjelaskan tentang pelaksanaan konvergensi dan integrasi program di Kampung Keluarga Berkualitas serta menyusun rencana aksi optimalisasi penyelenggaraan Kampung Keluarga Berkualitas tingkat Provinsi dan kabupaten dan kota.(DPMPD Kaltim/*arf)


Artikel Terkait
Info Permohonan Informasi
Artikel Terbaru
Gelar TTG X Resmi di buka
24 April 2024 39 Dilihat
Statistik
Online
Pengunjung Hari Ini
Halaman Dikunjungi Hari Ini 0
Total Pengunjung 198051
Total Halaman Dikunjungi 1793823
Government Public Relation

Jl. Abdul Wahab Sjahranie - Samarinda - Kaltim
Telp : (0541) 7779725,
Fax : (0541) 7779726
E-mail : dpmpd@kaltimprov.go.id
E-mail Pengaduan : dpmpdkaltim@gmail.com

Sitemap | Kontak | Webmail

Visitor
Total : 1793823
Bulan ini : 0
Hari ini : 0

© DPMPD Prov Kaltim @ 2021-2023