Wujudkan Smart Village, DPMPD Coba Lirik Pengembangan Portal Desa
14 September 2022 Arif Maulana Berita 5402
Wujudkan Smart Village, DPMPD Coba Lirik Pengembangan Portal Desa

SAMARINDA – Pemprov Kaltim melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (DPMPD) Kaltim mencoba melirik pengembangan Portal Desa dalam mewujudkan Smart Village atau Desa Cerdas di Kaltim.

 

“Nantinya Portal Desa menjadi basis data 841 desa dan 197 kelurahan se Kaltim. Melalui portal ini kita bisa melihat siapa kepala desa dan lurah, jumlah penduduk, hingga potensi yang ada di desa dan kelurahan,”ujar Kepala DPMPD Kaltim Anwar Sanusi saat menerima kunjungan konsultan yang mengembangkan Portal Desa di Semarang, di Ruang Kepala DPMPD Kaltim, Rabu (14/9/2022).

 

Basis data desa dan kelurahan dimaksud nantinya bisa menjadi dasar mengambil kebijakan pembangunan ke depan.

 

Karenanya dia akan mempelajari bahan paparan yang disampaikan konsultan bersama jajaran untuk menyesuaikan fitur yang tersedia pada portal menyesuaikan kebutuhan. Termasuk mekanisme pembaharuan data portal yang harus menyesuaikan kondisi riil di lapangan.

 

Sebagai penunjang, DPMPD dalam mewujudkan Smart Village juga berkoordinasi dengan DPRD Kaltim dalam penyedian sarana prasarana berupa one village one laptop atau satu desa satu laptop. Termasuk akan berkoordinasi dengan Kominfo terkait pemenuhan akses internet melalui VSAT.

 

“Jika semua sudah terhubung kita lebih mudah. Kapan dan dimanapun butuh data perkembangan desa dan kelurahan bisa diakses,”pungkasnya.(DPMPD Kaltim/arf)


Artikel Terkait
Info Permohonan Informasi
Artikel Terbaru
Statistik
Online
Pengunjung Hari Ini
Halaman Dikunjungi Hari Ini 0
Total Pengunjung 198051
Total Halaman Dikunjungi 1793823
Government Public Relation

Jl. Abdul Wahab Sjahranie - Samarinda - Kaltim
Telp : (0541) 7779725,
Fax : (0541) 7779726
E-mail : dpmpd@kaltimprov.go.id
E-mail Pengaduan : dpmpdkaltim@gmail.com

Sitemap | Kontak | Webmail

Visitor
Total : 1793823
Bulan ini : 0
Hari ini : 0

© DPMPD Prov Kaltim @ 2021-2023