Abdul Rasid Pimpin YJI Cabang Kutai Kartanegara 2019-2024
Abdul Rasid Pimpin YJI Cabang Kutai Kartanegara 2019-2024


TENGGARONG -- Abdul Rasid diamanahi memimpin Yayasan Jantung Indonesia (YJI) Cabang Kutai Kartanegara  periode 2019-2024. Dia dilantik sebagai Ketua YJI Cabang Kutai Kartanegara oleh Ketua YJI Cabang Utama Kaltim, Zainuddin Fanani dengan penyerahan bendara pataka dan penyematan Pin YJI, di Pendopo Odah Etam Rumah Jabatan Bupati Kutai Kartanegara, Tenggarong, Senin (1/4).

Zainuddin Fanani menegaskan, upacara pelantikan merupakan peristiwa sejarah yang telah diukir bersama dengan baik dan akan menjadi catatan otentik bagi organisasi YJI dan menjadi kebanggaan bersama.

"Sebagai pemegang amanah dari organisasi yang dibanggakan ini tentu sebentar lagi pemerintah, masyarakat, mitra kerja, dan para pemangku kepentingan lainnya yang ada di kabupaten/kota negara ini akan mendapatkan manfaat nyata dari YJI.  Caranya seperti apa, yakni melalui program kerja yang akan di implementasikan secara bersama-sama," ujarnya.

Untuk diketahui bersama lembaga ini non partisan dan non profit. Anggotanya dari semua unsur lapisan masyarakat mulai dari unsur pemerintah, perbankan, anggota DPRD, pengusaha, para profesional, dan masyarakat yang peduli terhadap kesehatan khususnya kesehatan jantung.

Namun demikian jika ada pengurus atau anggota YJI  yang ingin meniti karir profesionalnya dirasa tanpa disuruh pun sudah sepatutnya kita mendoakan dan memberikan dukungan semoga dimudahkan dalam hal urusannya.

Pada kesempatan itu, dia juga menyampaikan Visi YJI, yakni Yayasan Jantung Indonesia adalah pelopor gaya hidup sehat dengan Misi meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya pencegahan penyakit jantung dan pembuluh darah, tata kelola organisasi dengan prinsip good governance, dan membangun kemitraan dengan para pemangku kepentingan organisasi.

YJI telah memiliki program kerja 5 tahun kedepan 2019-2024 yang sangat jelas dan terukur. Program kerja tersebut antara lain program komunikasi informasi dan edukasi, program medis, program bantuan hidup dasar, program lompat tali jantung sehat, program keuangan, program pengembangan dana, program bagian organisasi, program klub jantung sehat, dan klub jantung remaja.

Untuk merealisasikan program tersebut perlu diingatkan agar seluruh pengurus YJI Cabang Kutai Kartanegara memiliki tiga hal, yakni komitmen, tindakan, dan kerjasama.

"Hingga saat ini YJI telah berusia 44 tahun.  Ibarat manusia usia 40-an adalah yang sangat matang dan produktif semoga kiat semua tetap istiqomah atau konsisten sebagai pelopor utama pencegahan atau upaya preventif dan promotif munculnya penyakit jantung dan pembuluh darah," harapnya.

Adapun kegiatan yang dilaksanakan mewujudkan itu antara lain senam jantung sehat jalan sehat, sepeda sehat senam lompat tali jantung sehat, senam remaja wisata raga jantung sehat, outbound, jambore daerah, dan lain-lain. Sebagai pekerja profesional YJI mengemban tugas mulia karena tugasnya mengajak orang-orang menjadi sehat.

"Syaratnya agar berhasil menjadi pelopor antara lain adalah niat yang tulus ikhlas, berkenan menyediakan waktu dan fikiran bekerjasama yang baik dengan para pemangku kepentingan," sebutnya.

Pelantikan juga dirangkai pagelaran derama tentang prilaku hidup sehat oleh Pengurus YJI Cabang Kutai Kartanegara. Nampak hadir dalam pelantikan Ketua DPRD Kukar, Kepala Dinkes Kukar, serta Sekretaris YJI Cabang Utama Kaltim, Moh Jauhar Efendi beserta pengurus.(DPMPD Kaltim/arf)

Dinas Pemerdayaan Masyarakat & Pemerintahan Desa
Jl. MT. Haryono No. 96 Kalimantan Timur
(0541) 7779725 dpmpd@kaltimprov.go.id
2013 - 2019