BPKP Kaltim Audit Dana Loan PID
15 Mei 2019 Admin Website Berita 7177
BPKP Kaltim Audit Dana Loan PID

PASER - Badan Pengawas Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Kaltim melakukan pengawasan keuangan dan pembangunan yang terdiri dari Audit, Konsultasi, Asistensi dan Evaluasi melakukan pemeriksaan terkait penggunaan dan pelaksanaan dana loan Program Inovasi Desa (PID) di Kaltim pada 2018.

Dalam pemeriksaan tersebut Kabupaten Paser terpilih menjadi lokasi uji sampel audit laporan keuangan dan hasil pelaksanaan PID terkait bantuan Dana Operasional Kegiatan (DOK) untuk Tim Inovasi Kabupaten (TIK) dan Tim Pelaksana Inovasi Desa (TPID) di 9 Kecamatan Kabupaten Paser.

Kunjungan lokasi uji sampel di 9 kecamatan dibagi menjadi 2 Tim yang bertugas selama 5 hari ke setiap Kecamatan. Diantaranya Batu Engau, Batu Sopang, Kuaro, Long Ikis, Long Kali, Muara Komam, Muara Samu, Tanah Grogot dan Tanjung Harapan.

Untuk Kecamatan Paser Belengkong tidak dilakukan audit oleh BPKP karena telah memenuhi seluruh persyaratan keuangan dan administrasi.

Dalam kunjungan ini, salah satu audit yang ditekankan adalah kesesuaian antara dana yang masuk dan dana yang di keluarkan agar dana bantuan tidak disalahgunakan serta memastikan komitmen desa dalam melakukan Replikasi Inovasi agar tertuang didalam Penyusunan RKPDes dan APBDes tahun anggaran 2019.

"Dengan mekanisme yang sudah ada dan ketat ini semestinya penyelewengan dan pelanggaran penggunaan dana sudah tidak ada lagi apabila dilaksanakan sesuai dengan aturan mainnya" ujar Pengendali Teknis BPKP Perwakilan Kaltim, Muhammad Agus Shofie disela melaksanakan audit.

Dengan pelaksaan audit ini, diharapkan kedepannya proses pelaksanaan kegiatan-kegiatan yang bersumber dari dana loan terutama PID menjadi lebih baik lagi dengan berlandaskan asas transparansi dan akuntabilitas. Serta dapat menjadi pembelajaran untuk seluruh pelaku PID khususnya di Provinsi Kalimantan Timur.

Tim BPKP sendiri melakukan audit didampingi jajaran DPMPD Kaltim.(DPMPD Kaltim/rizki)


Artikel Terkait
Info Permohonan Informasi
Artikel Terbaru
Statistik
Online
Pengunjung Hari Ini
Halaman Dikunjungi Hari Ini 0
Total Pengunjung 198051
Total Halaman Dikunjungi 1793823
Government Public Relation

Jl. Abdul Wahab Sjahranie - Samarinda - Kaltim
Telp : (0541) 7779725,
Fax : (0541) 7779726
E-mail : dpmpd@kaltimprov.go.id
E-mail Pengaduan : dpmpdkaltim@gmail.com

Sitemap | Kontak | Webmail

Visitor
Total : 1793823
Bulan ini : 0
Hari ini : 0

© DPMPD Prov Kaltim @ 2021-2023