Desa Diingatkan Manfaatkan Dana Desa Baik dan Maksimal
Desa Diingatkan Manfaatkan Dana Desa Baik dan Maksimal


SAMARINDA -- Plt Sekprov Kaltim, M Sabani memberi pesan penting saat membuka
Rapat Koordinasi Program Inovasi Desa II Provinsi Kalimantan Timur Tahun 2019, di Harris Hotel Samarinda, Selasa (13/11) malam.

Dalam arahannya Sa’bani mengingatkan agar Desa-Desa di Kaltim yang sudah mendapatkan kucuran Dana Desa baik dari Pemerintah Pusat maupun Alokasi Dan Desa dari Pemerintah Kabupaten untuk dimanfaatkan dengan sebaik dan semaksimal mungkin.

"Ini agar hasilnya dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat di Provinsi Kalimantan Timur. Bukan malah mensejahterakan segelintir orang karena tidak tepat sasaran," katanya.

Sa’bani juga memberikan joke mengenai Desa fiktif, jangan sampai Dana Desa dari Pusat dipaksakan untuk diserap dengan membuat Desa fiktif, ucapnya disambut tawa oleh peserta pembukaan Rapat Koordinasi.

Termasuk diingatkan agar pendamping tidak jadi tim sukses, melainkan fokus dalam pekerjaan sebagai pendamping Desa bukan pendamping Calon Kepala Desa.

Kegiatan Rapat Koordinasi ini berlangsung dari tanggal 12-15 November 2019 dengan berbagai materi yang akan disampaikan oleh narasumber yang berasal dari DPMPD Prov. Kaltim, Disprindagkop Prov. Kaltim dan juga KPW Kaltim.

Diharapkan dengan Rapat Koordinasi ini pelaksanaan Program Inovasi Desa yang lebih optimal dan tepat sasaran, meningkatnya Kapasitas SDM pelaksana PID, tersusunnya langkah-langkah pemecahan masalah yang timbul selama pelaksanaan PID, menguatnya peran dana desa dalam kegiatan-kegiatan inovatif dibidang infrastruktur, sumber daya manusia dan ekonomi/ kewirausahaan di Provinsi Kalimantan Timur.

Peserta rakor sebanyak 204 orang dari unsur Kecamatan, Perangkat Desa, Konsultan Pendamping Wilayah (KPW) Provinsi Kalimantan Timur dan Juga perwakilan Tenaga Pendamping Profesional (TPP) dari seluruh Kabupaten di Provinsi Kalimantan Timur.(DPMPD Kaltim/AMF/arf)

Dinas Pemerdayaan Masyarakat & Pemerintahan Desa
Jl. MT. Haryono No. 96 Kalimantan Timur
(0541) 7779725 dpmpd@kaltimprov.go.id
2013 - 2019