Diperkirakan 1.500 Peserta Hadiri HKG-PKK, BBGRM, dan Gelar TTG di Kutai Timur
Diperkirakan 1.500 Peserta Hadiri HKG-PKK, BBGRM, dan Gelar TTG di Kutai Timur


SAMARINDA -- Perhelatan tiga even akbar tingkat Provinsi Kaltim yang akan dipusatkan di Kabupaten Kutai Timur pada 24-27 Juni 2019 diperkirakan bakal dihadiri sekitar 1.500 peserta dari 10 kabupaten/kota se Kaltim.

Itu terdiri dari 781 peserta Peringatan Hari Kesatuan Gerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (HKG-PKK) ke 47, dan selebihnya merupakan peserta Gelar TeknologI Tepat Guna (Gelar TTG) 2019, dan Pencanangan Bulan Bhakti Gotong Royong (BBGRM) ke 16 tingkat Kaltim.

"Ini target kita menggelar tiga even sekaligus menjadi satu agar lebih efisien dan lebih semarak dengan dihadiri banyak peserta," ujar Kepala DPMPD Kaltim, Moh Jauhar Efendi saat menjadi nara sumber dialog interaktif melalui siaran RRI Samarinda, Selasa (11/6).

Selain itu, dengan menggabungkan tiga agenda tersebut diharap menarik minat pengunjung berdatangan sehingga mampu menggerakan ekonomi masyarakat.

Dia mengaku saat perhelatan Gelar TTG Nasional di Kaltim beberapa tahun lalu tercatat banyak transaksi terjadi baik peserta kegiatan karena produk yang dipamerkan dibeli maupun perputaran ekonomi di masyarakat setempat.

Pun demikian saat pelaksanaan pertama penggabungan tiga agenda sekaligus di Kabupaten Berau pada 2018. Karenanya dia berharap hal sama terjadi di Kabupaten Kutai Timur. Sukses penyelenggaraan dan sukses menggerakan ekonomi masyarakat.

Sebagai penunjang, Jauhar menyarankan agar Pemkab Kutai Timur sebagai tuan rumah menyiapkan acara yang dapat menarik minat masyarakat hadir pada kegiatan tersebut. Diantaranya menyelenggarakan di lokasi ramai dan menghadirkan artis ibukota sebagai magnet.

"Pemkab juga diharap dapat mengerahkan siswa SMK melalui Disdikbud agar hadir melihat kelokasi sebagai pembelajaran menciptakan inovasi teknologi terapan yang berguna membantu kehidupan masyarakat. Bila perlu siapkan doorprize agar tertarik datang," katanya.

Terkait pelaksanaan kegiatan, dia berharap HKG-PKK dapat menjadi ajang silaturahim dan adu ketangkasan antara anggota PKK saling berlomba melaksanakan tugas antar Pokja PKK.

Sedangkan Gelar TTG akan memamerkan peralatan sederhana ramah lingkungan ciptaan masyakat sendiri yang diharap akan menjadi media informasi dan terjadi transasksi hasil inovasi tekonologi masyarakat.

"Untuk Pencanangan BBGRM diharap dapat meningkatkan semangat gotong royong yang terasa mulai menurun di kalangan masyarakat," tukasnya.

Jauhar menjadi nara sumber bersama Ketua LPM Kaltim, Mujarni Mubarak, Wakil Ketua II TP-PKK Kaltim, Putum Hubaib Aswin, Wakil Bupati Kutai Timur, Kasmidi Bulang, dan Ketua TP-PKK Kutai Timur, Encek UR Firgasih.(DPMPD Kaltim/arf)

Dinas Pemerdayaan Masyarakat & Pemerintahan Desa
Jl. MT. Haryono No. 96 Kalimantan Timur
(0541) 7779725 dpmpd@kaltimprov.go.id
2013 - 2019