DPMPD Kaltim Ikuti Sosialisasi Review Pelaksanaan Anggaran Semester I
DPMPD Kaltim Ikuti Sosialisasi Review Pelaksanaan Anggaran Semester I


SAMARINDA – Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (DPMPD) Kaltim sebagai Satuan Kerja Program Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat (Satker P3MD) menjadi salah satu target peserta sosialisasi review pelaksanaan anggaran semester I dana dekonsentrasi tahun 2020.

Kegiatan yang menghadirkan Keynote Specch Kepala Kanwil Ditjen Perbendaharaan Provinsi Kaltim, Miiden Sihombing tersebut diikuti sekitar 95 peserta pelaksana kegiatan dekonsentrasi di Provinsi Kaltim. Dari DPMPD Kaltim diikuti Kuasa Pengguna Anggaran (KPA) Satker P3MD Kaltim melalui Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) Satker P3MD Kaltim, Isnawati secara daring, Rabu (29/7).

Dikatakan Midden Sihombing, Realisasi anggaran semester I di Provinsi Kaltim mencapai Rp2.459.575.473.657 atau sekitar 34 persen dari total anggaran Rp7.163.197.809.000 dalam 266 Daftar Isian Penggunaan Anggaran (DIPA) yang dikelola satker se Kaltim.

“Sesuai arahan Presiden Jokowi belanja kementerian tolong dipercepat. Permasalahan yang ada realisasi masih di bawah 40 persen. Dan ini masih di bawah target yang ditetapkan untuk realisasi semester I,”sebut Midden.

Berdasarkan analisa, lambannya realisasi anggaran tersebut disebabkan situasi pandemi COVID-19. Dan  juga terkadang masih terjadi kesalahan interpretasi penilaian KPA. 

Berkaitan itu, realisasi belanja satker dan juga peningktan layanan Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) Tipe A1 akan terus ditingkatkan sebagai solusi atas permaslahan satker. Ini sebagai tindak lanjut upaya percepatan realisasi anggaran semester I.

“Karenanya apabila ada permasalahan satker dan layanan KPPN dianggap tidak optimal dapat langsung hub ke no aduan 081150855 yang langsung menghubungi Kakanwil DJPB Kaltim. Ini bisa dianggap sebagai pengaduan, sekalipun SOP nya harus melalui kontak pengaduan,”katanya.

Prinsipnya, dia ingin pelayanan bisa berjalan dengan baik, sehingga Kaltim bisa menduduki peringkat atas dalam segi pelayanan dengan nilai 10.

Sementara PPK Satker P3MD Kaltim, Isnawati menyebut realisasi semester 1 Satker Dekon P3MD Kaltim  sudah mencapai 53 persen. “Kami sudah 53 persen. Jadi realisasinya di atas dari target,”sebutnya.(DPMPD Kaltim/arf)

Dinas Pemerdayaan Masyarakat & Pemerintahan Desa
Jl. MT. Haryono No. 96 Kalimantan Timur
(0541) 7779725 dpmpd@kaltimprov.go.id
2013 - 2020