DPMPD Kaltim Sembelih Hewan Kurban
DPMPD Kaltim Sembelih Hewan Kurban


SAMARINDA – Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (DPMPD) Kaltim menyembelih hewan kurban dalam rangka Hari Raya Idul Adha 1441 Hijriah. Sapi dengan berat sekitar 115 kg tersebut disembelih untuk dibagikan untuk jajaran pegawai DPMPD Kaltim dan masyarakat sekitar lingkungan Kantor DPMPD Kaltim.

Dikatakan Kepala DPMPD Kalim, H Muhammad Syirajudin melalui Ketua Panitia Kurban, Muriyanto pelaksanaan kurban merupakan agenda rutin tahunan Masjid Al Husna Komplek Kantor DPMPD Kaltim yang sudah dimulai sejak tahun 2019.

“Kita bersyukur agenda rutin ini tetap bisa terlaksana di tengah pandemi COVID-19. Meskipun secara jumlah hewan kurban yang disembelih berkurang dari tahun sebelumnya,”ujarnya saat penyembelihan hewan kurban, di Masjid Al Husna Kompleks Kantor DPMPD Kaltim, Senin (3/8).

Karena keterbatasan, hewan kurban yang disembelih hanya satu ekor sapi berukuran besar. Berbeda dengan tahun sebelumnya yang menyembelih dua ekor sapi dan satu ekor kambing.

Meski begitu dia berharap kondisi ini tidak mengurangi semangat jajaran pegawai DPMPD Kaltim dan jamaah Masjid Al Husna untuk berkurban. “Semoga tahun depan kita tetap bisa melaksanakan agenda rutin ini dan banyak yang ikut berkurban agar lebih banyak yang bisa kita bagikan,”harapnya.

Proses penyembelihan kali ini melibatkan jajaran pegawai DPMPD Kaltim sebagai panitia kurban dengan menghadirkan penjagal profesional dari luar. Walhasil cukup beberapa menit sapi kurban direbahkan dan disembelih untuk dikurbankan.

Pelaksanaannyapun dilakukan dengan protokol kesehatan dengan mewajibkan panitia kurban menggunkana masker, mencuci tangan pakai sabun, dan menjaga jarak aman.(DPMPD Kaltim/arf)

Dinas Pemerdayaan Masyarakat & Pemerintahan Desa
Jl. MT. Haryono No. 96 Kalimantan Timur
(0541) 7779725 dpmpd@kaltimprov.go.id
2013 - 2020