Hari Ini Diumumkan, Hasil Rekrutmen TPP Kaltim 2018
Hari Ini Diumumkan, Hasil Rekrutmen TPP Kaltim 2018


SAMARINDA – Rangkaian panjang pelaksanaan Rekrutmen Tenaga Pendamping Profesional (TPP) Provinsi Kaltim tahun anggaran 2018 telah berakhir. Sesuai jadwal, Senin (17/9) hari ini, hasil rekrutmen yang sudah ditetapkan akan diumumkan secara luas melalui website resmi DPMPD Kaltim (http://dpmpd.kaltimprov.go.id) dan papan pengumuman di Kantor DPMPD Kaltim.

“Sabtu (15/9) kemarin kita sudah rapat penetapan sesuai dengan hasil seleksi tes tertulis, wawancara, dan tes komputer yang diikuti peserta. Hari ini tinggal diumumkan agar mereka yang lulus bisa persiapan mengikuti tahapan selanjutnya, yakni pelatihan pratugas dan kontrak kinerja penempatan penugasan,” ungkap Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (DPMPD) Kaltim, Moh Jauhar Efendi saat memimpin apel pagi, di Halaman Kantor DPMPD Kaltim, Senin (17/9).

Menurut Jauhar, secara umum pelaksanaan rekrutmen berjalan lancar. Ditandai jumlah pelamar yang cukup membludak dan pelaksanaan seluruh tahapan seleksi berjalan lancar, baik untuk yang dilakukan sistem jemput bola di Kutai Barat, Mahakam Ulu, dan Berau, serta terpusat di Samarinda.

Hasilnya, dari 562 pelamar untuk 149 kuota yang tersedia tercatat hanya 375 pelamar yang lolos ke seleksi tes tertulis, 271 peserta lolos ke tes wawancara, dan 268 peserta tes komputer. Namun demikian yang lolos seluruh tahapan ditetapkan sebagai TPP hanya 146 peserta atau masih kurang tiga untuk memenuhi kuota TPP yang kosong di seluruh wilayah Kaltim.

Itupun sambung dia, dengan catatatan 146 peserta yang lolos tidak ada lagi yang mengundurkan diri. Jika ada lagi yang mengundurkan diri dipastikan kuota kosongnya akan bertambah.

“Yang khawatir Pendamping Desa Teknik Infrastruktur (PDTI). Sebab kuotanya untuk provinsi. Artinya penugasnnya ditetapkan provinsi. Takutnya ada yang tidak siap ditempatkan di daerah tertentu. Tapi mudahan semua bersedia sehingga tidak kuota kosongnya tidak bertambah lagi,” katanya.

Sejalan dengan itu, panitia seleksi akan segera menghubungi mereka yang lolos sebelum diberikan pelatihan pratugas. Harapannya saat pratugas sudah mantap dengan posisi masing-masing, sehingga tidak ada uang negara yang rugi akibat sudah dilatih selama satu minggu kemudian mundur.

Lainnya, Jauhar juga meminta jajarannya segera menyiapkan surat untuk melakukan seleksi tahap berikutnya. Ini untuk mengisi kekosongan akibat tidak terpenuhinya kuota kosong hasil rekrutmen kemarin.

“Kalau diperkenankan tim saja turun  kelapangan melakukan rekrutmen. Mudahan dananya tercukupi. Ingin semua bisa terisi. Mudahan mendatang bisa terpenuhi,” harapnya.

Ini dianggap penting karena peran pendamping penting dalam pelaksanaan UU No 6/2014 tentang desa, khususnya pelaksanaan Program Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat Desa (P3MD).

Kondisinya pelaksaan implementasi kebijakan dana desa masih agak tersendat. Kemudian status Indeks Desa Membangun (IDM) terlihat masih rendah. Desa yang berstatus mandiri baru 0,24 persen, kemudian status desa maju masih di bawah 5 persen. Selebihnya masih status berkembang, tertinggal, dan sangat tertinggal . “Oleh karena itu menjadi tugas dan tanggung jawab agar kedepan kategori desa di Kaltim mengalami perubahan signifikan,” katanya.

Untuk diketahui, Kuota TPP se Kaltim sebanyak 475 orang. Namun demikian masih terjadi kekurangan sebanyak 149 orang yang akan diisi melalui rekrutmen. Hasilnya hanya 146 peserta yang lolos atau masih berlum terisi tiga kuota lowong.(DPMPD Kaltim/arf)

 

 

Dinas Pemerdayaan Masyarakat & Pemerintahan Desa
Jl. MT. Haryono No. 96 Kalimantan Timur
(0541) 7779725 dpmpd@kaltimprov.go.id
2013 - 2019