Kaltim Serahkan 770 Paket Bantuan Kebutuhan Spesifik Kementerian PPPA
Kaltim Serahkan 770 Paket Bantuan Kebutuhan Spesifik Kementerian PPPA
Teks Foto : Gubernur Kaltim, Isran Noor melalui Asisten Pemerintahan dan Kesra Sekprov Kaltim, Moh Jauhar Efendi didampingi Kepala DKP3A, Halda Arsyad menyerahkan bantuan kebutuhan spesifik secara simbolis, di Halaman Kantor Gubernur Kaltim, Sabtu (11/7).


SAMARINDA – Sebanyak 770 paket bantuan Kebutuhan spesifik untuk perempuan dan anak terdampak COVID-19 dari Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) disalurkan di Provinsi Kaltim.

Penyerahan bantuan kebutuhan spesifik dilakukan Gubernur Kaltim, Isran Noor melalui Asisten Pemerintahan dan Kesra Sekprov Kaltim, Moh Jauhar Efendi didampingi Kepala Dinas Kependudukan Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DKP3A), Halda Arsyad secara simbolis, di Halaman Kantor Gubernur Kaltim, Sabtu (11/7).

Dikatakan Gubernur Isran dalam sambutan yang disampaikan Jauhar, Pandemi COVID-19 mengakibatkan dampak besar di tengah masyarakat.

“Disatu sisi banyak perempuan dan anak dari kelompok rentan terdampak terabaikan pemenuhan kebutuhan spesifiknya, yakni ibu hamil, ibu menyusui, anak, penyandang disabilitas, lansia, perempuan kepala keliuarga, dan lainnya,” sebutnya.

Karenanya bantuan kebutuhan spesifik yang diberikan diharap membantu kelompok rentan terdampak dalam menjaga kesehatannya dengan terpenuhi kebutuhan sepesifiknya.

Diakui, Pemprov Kaltim sudah memberikan bantuan berupa semabko dan uang tunai bagi masyarakat terdampak COVID-19, namun dengan bantuna kebutuhan spesifik bagi perempuan dan anak dinilai sangat membantu dan berguna seperti susu anak, makanan tambahan bergizi, vitamin, pampers untuk balita dan lansia, dan pembalut.

Dia juga berharap semua pihak memberikan perhatian terharap pemenuhan gizi, vitamin, serta pendidikan anak, karena anak merupakan penerus pembangunan.

“Kepada Kepala DKP3A Kaltim saya berpesan agar melakukan program ini dengan penuh dedikasi. Lakukan koordinasi dengan kabupaten/kota, saring dan identifikasi kriteria penerima bantuan dengan sebaik-bainya,”serunya.

Sementara Kepala DKP3A, Halda Arsyad menyebut bantuan sifatnya melengkapi bantuan sosial yang ada. Ini merupakan kegiatan rangkaian Peringatan Hari Anak Nasional 2020 yang proses penyerahan bantuannya dilakukan secara serentak di selutuh Indonesia pada 11 Juli 2020, tepat Pukul 09.00 Wita .

“Bantuan untuk perempuan dan anak kelompok rentan terdampak di seluruh kabupaten/kota se Kaltim, kecuali Mahakam Ulu karena bebas COVID-19. Tujuannya untuk memenuhi kebutuhan spesifik lansia, perempuan, anak, dan penyandang disabilitas,”sebutnya.

Adapun paket bantuan yang diberikan diantarannya sampo, sabun, vitamin, hand sanitizer, pembalut, minyak kayu putih, biscuit, dan pasta gigi.

Diakui perlu upaya dalam pencegahan penebaran COVID-19, khususnya bagi kelompok rentan. Sa;lah satunya melalui pemenuhan kebutuhan spesifik lansia dan anak selama pandemic. Diharap paket bantuan bermanfaat sekalipun tidak penuhi secara spesifik, setidaknya diharap bisa membantu kelompok rentan menjaga kesehatan selama masa pademi.(DPMPD Kaltim/arf)

Dinas Pemerdayaan Masyarakat & Pemerintahan Desa
Jl. MT. Haryono No. 96 Kalimantan Timur
(0541) 7779725 dpmpd@kaltimprov.go.id
2013 - 2020