Masyarakat Juk Ayaq Curhat Masalah Pembangunan Desa
Masyarakat Juk Ayaq Curhat Masalah Pembangunan Desa


SAMARINDA – Masyarakat bersama Staf Adat Juk ayaq, Kecamatan Telen, Kabupaten Kutai Timur berkunjung ke Kantor Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (DPMPD) Kaltim, Senin (23/3).

Kedatangan mereka untuk curhat masalah pembangunan desa yang terjadi di desa mereka seiring terjadi masalah hukum pada Kepala Desa Juk Ayak.

“Prinsipnya mereka ingin minta solusi terkait masalah desa. Pembangunan desa terhenti sejak terjadi masalah hukum pada kepala desa mereka,” sebut Kepala DPMPD Kaltim, Moh Jauhar Efendi saat menerima kunjungan.

Masyarakat menginginkan pembangunan desa tetap berjalan sesuai perencanaan yang ditetapkan, sehingga infrastruktur dasar masyarakat terpenuhi dan ekonomi tetap berjalan.

Sejalan dengan itu, Jauhar sudah memfasilitasi komunikasi dan koordinasi dengan Pemkab Kutai Timur. Dia sudah menghubungi Asisten Pemerintahan dan Kesra Sekab Kutai Timur menyampaikan permasalahan tersebut untuk dibantu penyelesaiannya. Dan asisten menjanjikan siap menerima audiensi sebelum mereka kembali ke Kampung Juk Ayaq.

Setidaknya segera memerintahkan Camat Telen untuk menunjuk Pj Kepala Desa Juk Ayaq menggantikan Kepala Desa yang ada agar bisa melanjutkan penyelenggaraan pemerintahan dan pelaksanaan pembangunan.  Sebab status Kepala Desa yang ada sudah ditetapkan sebagai tersangka karena masalah pengelolaan Dana Desa.

Diketahui, kondisi perkembangan Kampung Juk Ayaq diantaranya belum mencapainya laporan rata - rata realisasi penyerapan sampai dengan 75 persen dan capaian output belum mencapai 50 persen.

Kemudian Kepala Desa sudah berstatus tersangka, perlu proses penyelesaikan proses inputan siskudes 2020, Perdes APBDES 2020. Tenaga Pendamping Profesional (TPP) sudah membuat Rencana Kerja Tindak Lanjut (RKTL) berupa pendampingan Penyusunan APBDes 2020, untuk ditetapkan sebagai perdes APBdes 2020.

Jauhar menerima kunjungan didampingi Kabid Pembangunan Desa dan Kawasan Perdesaan, Riani Tisnadewi beserta Kasi Pembangunan Desa, Isnawati, Kabid Pemberdayaan kelembagaan dan Sosbudmasy, Isnaini Trikorawati, dan Kabid Usaha Ekonomi Masyarakat, SDA, dan Teknologi Tepat Guna, Elvis. Nampak hadir Ketua Prodi Ilmu Pemerintahan FISIP Unmul Samarinda, Iman Surya, dan Tim Leader KPW Kaltim, Alwani.(DPMPD Kaltim/arf)

 

Dinas Pemerdayaan Masyarakat & Pemerintahan Desa
Jl. MT. Haryono No. 96 Kalimantan Timur
(0541) 7779725 dpmpd@kaltimprov.go.id
2013 - 2020