Penuh Haru Pisah Sambut Kepala DPMPD Kaltim
Penuh Haru Pisah Sambut Kepala DPMPD Kaltim


SAMARINDA – Tongkat estapet kepemimpinan Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (DPMPD) Kaltim resmi beralih. M Syirajudin resmi menjadi Kepala DPMPD Kaltim setelah dilakukan serah terima jabatan dari pimpinan terdahulu, Moh Jauhar Efendi, Senin (13/7).

Keduanya dilantik pada jabatan baru masing-masing, yakni M Syirajudin dari Kepala Dispora Kaltim menjadi Kepala DPMPD Kaltim dan Moh Jauhar Efendi dari Kepala DPMPD Kaltim menjadi Asisten Pemerintahan dan Kesra Sekprov Kaltim oleh Gubernur Kaltim Isran Noor, di Ruang Ruhuy Rahayu Kantor Gubernur Kaltim, 8 Juli 2020.

Pisah sambut Kepala DPMPD Kaltim ini ditandai penandatanganan berita acara dan pemotongan nasi tumpeng. Nasi tumpeng diberikan Jauhar kepada Syirajudin yang didampingi istri. Kemudian dilanjutkan penyerahan kenang-kenangan dari perwakilan pejabat struktural dan Tenaga Ahli Provinsi Kaltim.

Kegiatan berlangsung hikmad dengan suasana haru. Nampak raut kesedihan bercampur gembira tergambar di wajah setiap undangan yang datang karena Moh Jauhar Efendi pergi meninggalkan DPMPD, tapi meniti karir sebagai Asisten Pemerintahan dan Kesra.

Pada kesempatan itu, Jauhar berpesan agar jajaran DPMPD tetap menjaga kekompakan antar sesama pegawai. “Yakin prestasi demi prestasi akan diraih DPMPD di bawah kepemimpinan Kepala DPMPD Kaltim yang baru,”yakinnya.

Dia menyebut DPMPD Kaltim sudah menunjukan kinerja dan prestasi baik, ditandai selalu beprestasi di tingkat nasional pada Lomba Desa dan Kelurahan (Lomdeskel). Bahkan dia mengaku pada 2019 yang awalnya tidak memungkinkan berpartisipasi malah menunjukan berhasil menjadi terbaik pertama.

“Karena keterbatasan anggaran kita ikut Lomdeskel 2019, tapi tanpa ada kunjungan lapangan dan hanya melakukan penilaian melalui video.Dan ini menjadi contoh pusat melakukan penilaian menggunakan video profile desa dan kelurahan,”katanya.

Pada kesempatan itu, Jauhar menitip pesan agar Kepala DPMPD Kaltim yang baru dapat merealisasikan rencananya memberikan bantuan keuangan provinsi ke desa. Menurutnya tanggung jawab amanah UU ini salah satu mimpinya yang belum teralisasi.

Termasuk maksimalkan koordinasi dengan kabupaten/kota dan tenaga pendamping professional dalam pelaksanaan program pembangunan dan pemberdayaan masyarakat desa.

Sementara Syirajudin mengaku akan membangun komunikasi efektif dengan jajaran DPMPD Kaltim dalam  melaksanakan kinerjanya. “Möhon dukungan dan sinergitas,” katanya.

Selain itu, dia mengaku akan banyak belajar dan merepotkan Asisten Pemerintahan dan Kesra sebagai senior di DPMPD dan garis koordinasi keatasnya, karena berangkat dari nol menjabat Kepala DPMPD Kaltim.

“Saya akan banyak berkunjung ke ruang asisten guna wujudkan RPJMD Kaltim 2019-2023 melalui rencana strategis (renstra) DPMPD Kaltim. Kalau bisa capaiannya tidak hanya 100 persen, tapi 200 persen,”timpalnya.

Nampak hadir saat itu Kepala Dinas Perpusatakaan dan Arsip Daerah Kaltim Elto, Kepala Biro Hukum Setprov Kaltim Rozani, Kepala Biro Pemerintahan Perbatasan dan Otonomi Daerah Setprov Kaltim, Deny Sutrisno, Ketua Prodi Ilmu Pemeritahan FISIPOL Unmul Iman Surya, kepala DPMD kabupaten se Kaltim, serta Sekkab Paser Katsul Wijaya.(DPMPD Kaltim/arf)

Dinas Pemerdayaan Masyarakat & Pemerintahan Desa
Jl. MT. Haryono No. 96 Kalimantan Timur
(0541) 7779725 dpmpd@kaltimprov.go.id
2013 - 2020