Penyemprotan Langkah Positif Antisipasi Penyebaran Covid-19
Penyemprotan Langkah Positif Antisipasi Penyebaran Covid-19


SAMARINDA – Penyemprotan cairan antiseptik yang dilakukan Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (DPMPD) Kaltim disebut merupakan langkah positif mengantisipasi penyabaran virus corona atau covid-19.

Tujuannya membantu pemerintah menghadapi kasus darurat global wabah covid-19 yang sudah merambah  di 150 negara termasuk Indonesia hingga wilayah Kaltim.

“Ini bentuk kewaspadaan kita. Alhamdulillah Forum Kader Pemberdayaan Masyarakat Desa (KPMD) bersama penggiat atsiri dan mahasiswa Poltekes Samarinda berinisiatif menciptakan cairan antiseptik herbal, jadi kita manfaatkan untuk membantu,” aku Kepala DPMPD Kaltim, Moh Jauhar Efendi didampingi Kasi Pengembangan Kapasitas Masyarakat, Helvin Syahruddin, di Samarinda, Kamis (19/3).

Karenanya ketika ada tawaran akan membantu penyemprotan cairan antiseptik ke ruangan-ruangan kantor dia merespon positif. Terlebih penyemprotan juga dilakukan hingga ke Masjid Al Husna Kompleks kantor DPMPD yang akan digunakan untuk melaksanakan Ibadah Shalat Jumat.

Sebagai pelengkap, setelah penyemprotan juga dibagikan cairan handsanitizer berbahan baku dari atsiri yang diolah menjadi hidroxol sirih segar, ektraks lidah buaya, dan dilengkapi alkohol antiseptik. Handsanitizer dibagikan ke setiap ruangan dan masjid yang dapat digunakan siapa saja ingin masuk ruangan kantor dan masjid.

Menurutnya, produksi inovasi masyarakat yang berbahan baku herbal tersebut perlu terus dikembangkan. Meskipun secara nyata sudah diketahui manfaat daun sirih dan lidah buaya, tapi tetap perlu ada penelitian lebih lanjut.

“Diteliti terus. Mantapkan prosedur dan uji laboratoriumnya agar meyakinkan masyarakat soal keamanan dan khasiatnya. Bila perlu buat label yang menarik agar saat dijual laku di pasaran,” serunya.

Sementara Anggota Forum KPMD Bidang Pengembangan dan Peneliti Forum yang merupakan Penggiat Astsiri, Rahma Nur Hakim mengaku tujuan memproduksi cairan antiseptik untuk membantu pemerintah dalam penanganan covid-19.

“Kita ingin berbagi manfaat. Semoga masalah penyaraban covid-19 bisa cepat terselesaikan dan masyarakat bisa kembali beraktifitas dengan aman,” harapnya diamini Mahasiswa Poltekses Samarinda Ardia Nisfu Maulana yang ikut membantu proses pembuatan cairan antiseptik dan penyemprotan di Kantor DPMPD Kaltim.(DPMPD Kaltim/arf)

 

 

Dinas Pemerdayaan Masyarakat & Pemerintahan Desa
Jl. MT. Haryono No. 96 Kalimantan Timur
(0541) 7779725 dpmpd@kaltimprov.go.id
2013 - 2020