Syirajudin Harap Bantuan JPU-TS Dorong Peningkatan Ekonomi
Syirajudin Harap Bantuan JPU-TS Dorong Peningkatan Ekonomi


SAMARINDA – Pjs Bupati Kutai Barat M Syirajudin mengaku bersyukur dengan adanya program bantuan 150 unit Penerangan Jalan Umum-Tenaga Surya (PJU-TS) dari Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) melalui Direktorat Jenderal Energi Baru Terbarukan dan Konservasi Energi (Ditjen EBTKE) bagi Kabupaten Kutai Barat.

150 unit PJU-TS dimaksud tersebar di desa-desa se Kecematan Sekolaq Darat yang diharapkan dapat mendorong peningkatan ekonomi masyarakat desa.

“Dengan hibah Kementerian ESDM ini diharap bisa membantu meningkatkan perekonomian masyarakat karena ada penerangan lampu jalan. Dari dulunya gelap menjadi terang menderang, sehingga memudahkan masyarakat membangkitkan ekonomi di wilayahnya saat malam hari,”ujar M Syirajudin Pjs Bupati Kutai Barat yang kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (DPMPD) Kaltim ini ketika dikonfrimasi, Senin (12/10) pagi.

Menurutnya bantuan tersebut merupakan kegiatan Kementerian ESDM tahun anggaran 2019. Hanya saja baru dihibahkan ke Pemkab Kutai Barat pada tahun 2020 melalui penandatanganan Berita Acara Serah Terima (BAST) Barang Milik Negara (BMN) dari Kementerian ESDM ke Pemkab Kutai Barat, yakni 9 oktober 2020, di Rama Shinta Garden Kompleks Candi Prambanan, Sleman, Yogyakarta.

Pemkab Kutai Barat tidak sendiri menerima bantuan PJU TS di Kaltim. Bersamaan juga diserahkan bagi Pemkab Kutai Timur dan Berau dari 33 Bupati/Walikota terpilih se Indonesia yang menerima bantuan sebanyak 4.039 unit PJU TS.

“Setelah ini kita akan dibicarakan lagi melalui instansi teknis terkait perihal operasional dan pemeliharannya. Dan konsolidasi kecamatan mana lagi yang akan diusulkan menerima bantuan serupa,” katanya.

Selain PJU TS, Pemkab Kutai Barat juga menerima bantuan satu titik sumur bor yang bersamaan diserahterimakan hibahnya. Lokasinya di Kecamatan Muara Lawa.

Total dua kegiatan yang dihibahkan tersebut sekitar Rp3 Miliar batuan dari Kementerian ESDM tahun anggaran 2019.(DPMPD Kaltim/arf)

Dinas Pemerdayaan Masyarakat & Pemerintahan Desa
Jl. MT. Haryono No. 96 Kalimantan Timur
(0541) 7779725 dpmpd@kaltimprov.go.id
2013 - 2020