Tim Penilai Gali Potensi BUMKam Kemang Juaq Asa
24 Juli 2019 Admin Website Berita 6594
Tim Penilai Gali Potensi BUMKam Kemang Juaq Asa

KUTAI BARAT -- Tim Penilai Badan Usaha Milik Desa/Kampung (BUMDes/BUMKam) secara marathon melakukan penilaian lapangan Lomba BUMDes/BUMKam tingkat Provinsi Kaltim 2019 yang lolos penilaian tiga besar.

Terdapat enam BUMDes yang masuk penilaian lapangan lomba, yakni tiga besar kategori pengelolaan keuangan dan aset dan tiga besar kategori BUMDes terbaik inovasi.

Dikatakan Kepala Seksi Pendayagunaan Prasarana dan Sarana Desa dan Kelurahan DPMPD Kaltim, Mustapa, sebagai tim penilai yang ditugaskan turun lapangan dia berkunjung lebih pada menggali potensi BUMDes/BUMKam sasaran penilaian.

“Sebagai contoh saat melakukan penilaian di BUMKam Kemang, Kecamatan Barong Tongkok, Kabupaten Kutai Barat. Banyak hal yang kita gali sebagai bahan penilaian lomba,” ujar Mustapa, Rabu (24/7).

Saat penilaian, BUMKam Kemang membeberkan inovasi yang dilakukan dalam mengembangkan potensinya. BUMKam besama-sama warga masyarakat menfaatkan lahan warga yang terkena dampak banjir atau tergenang air  dari pembukaan jalan menuju Kampung Tering.

Petinggi atau kepala kampung merangkul warga masyarakat terdampak banjir membuat wisata air memanfaatkan lahan warga tergenang banjir akibat pembukaan jalan dimaksud menjadi dapat keuntungan dan tambahan penghasilan dari pembuatan wisata air.

“Warga masyarakat mendapat keuntungan dari bagi hasil dengan BUMKam mengelola Wisata Air,” katanya.

Petinggi juga melibatkan Karang Taruna dan remaja serta anak sekolah agar mendukung  program dan mengelola inovasi tersebut. Masyarakat cukup puas dan diuntungkan karena adanya penghasilan tambahan dan peningkatan ekonomi keluarga.

Kedepan, pada tahun 2020 BUMKam Kemang akan kembali berinovasi dengan menciptakan air kemasan dari sumber mata air pegunungan yang siap untuk diminum.

Ketiga BUMDes kategori pengelolaan keuangan dan aset tersebut, yakni BUMDes Payang Sejahtera, Desa Sungai Payang,  Kecamatan Loa Kulu, Kabupaten Kutai Kartanegara, BUMDes Amanah, Desa Padang Jaya, Kecamatan Kuaro, Kabupaten Paser, dan BUMDes Maju Jaya, Desa Telemow, Kecamatan Sepaku, Kabupaten Penajam Paser Utara.

Sedangkan kategori BUMDes terbaik inovasi, BUMDes Bersinar, Desa Muara Enggelam, Kecamatan Muara Wis, Kabupaten Kutai kartanegara, BUMDes Kemang, Desa Juaq Asa, Kecamatan Barong Tongkok, Kabupaten Kutai Barat, dan BUMDes Wahana Karya Sejahtera,  Desa Jemparing, Kecamatan Long Ikis, Kabupaten Paser.

Tahap penilaian lapangan dimaksudkan untuk mengetahui secara langsung aktivitas BUMDes dan melihat kesesuaian dokumen dengan kondisi di lapangan. (DPMPD Kaltim/mus/arf)


Artikel Terkait
Info Permohonan Informasi
Artikel Terbaru
Statistik
Online
Pengunjung Hari Ini
Halaman Dikunjungi Hari Ini 0
Total Pengunjung 198051
Total Halaman Dikunjungi 1793823
Government Public Relation

Jl. Abdul Wahab Sjahranie - Samarinda - Kaltim
Telp : (0541) 7779725,
Fax : (0541) 7779726
E-mail : dpmpd@kaltimprov.go.id
E-mail Pengaduan : dpmpdkaltim@gmail.com

Sitemap | Kontak | Webmail

Visitor
Total : 1793823
Bulan ini : 0
Hari ini : 0

© DPMPD Prov Kaltim @ 2021-2023