Universitas Terbuka Diajak ikut Ambil Bagian Sikapi Perpindahan IKN
Universitas Terbuka Diajak ikut Ambil Bagian Sikapi Perpindahan IKN
Teks Foto : Plt Asisten Pemerintahan dan Kesra Sekprov Kaltim, Moh Jauhar Efendi saat mewakili Gubernur Kaltim Isran Noor menghadiri Wisuda Universitas Terbuka Kaltim di Hotel Mesra Samarinda, Minggu (16/2).


SAMARINDA -- Peran Perguruan Tinggi tidak terkecuali Universitas Terbuka Kaltim sangat dibutuhkan untuk ambil bagian dalam menyikapi rencana pemindahan Ibu Kota Negara (IKN) ke wilayah provinsi Kaltim. 

Perannya harus dapat berdampak pada segala hal mencakup hampir di berbagai bidang seperti sosial, ekonomi, dan politik, hingga pendidikan. Terutama dengan pindahnya ibukota ke Kaltim maka peran perguruan tinggi sangat dibutuhkan, khususnya dalam menyiapkan SDM unggul.

"Dalam kesempatan ini saya menyampaikan bahwa Pemprov Kaltim yakin bahwa pemindahan IKN adalah langkah maju untuk merubah kesenjangan pembangunan dan menjadikan sebaran kesejahteraan yang merata di kawasan luar Jawa," ujar Gubernur Kaltim, Isran Noor dalam sambutan yang disampaikan Plt Asisten Pemerintahan dan Kesra Sekprov Kaltim, Moh Jauhar Efendi saat menghadiri Wisuda Universitas Terbuka Kaltim, di Hotel Mesra Samarinda, Minggu (16/2).ber

Apalagi di era industri 4.0 saat ini, tugas kita seluruh perguruan tinggi di Kaltim termasuk Universitas Terbuka Kaltim untuk dapat menghadirkan serta meningkatkan SDM para lulusannya yang handal, berkualitas, kreativitas, dan inovatif guna menyongsong pembangunan IKN di Kaltim.

Oleh karena itu maka peran Universitas Terbuka Kaltim dan para sarjana yang dihasilkan akan sangat penting karena merekalah yang akan menjadi pemimpin pelaku dan bagian dari pembangunan Kaltim untuk kemajuan kesejahteraan dan kemakmuran bangsa. 

"Arahan saya kepada wisadawan jadilah sarjana penggerak dan proporsi dalam masyarakat dan di dalam pembangunan," katanya 

"Tunjukkan kemampuan diri dan kompetensi kembangkan kemandirian dan bekerja serta berkarya secara profesional Insya Allah setiap gerak dan langkahnya para sarjana akan didukung diharapkan dan dibanggakan masyarakat," timpalnya menyeru.

Terkait Wisuda Universitas Terbuka Kaltim, dia menilai sebagai bagian refleksi keberhasilan penyelenggaraan pendidikan, karenanya hendaknya tidak hanya dipandang sebagai acara seremonial rutin saja.

Lebih dari itu harus disikapi secara Arif dan bijak untuk melakukan koreksi terhadap proses manajerial penyelenggaraan pendidikan mulai dari perencanaan pelaksanaan Pemantauan dan penilaian hasil yang telah dicapai.

"Keberhasilan tersebut merupakan hasil dari kerja keras dan usaha seluruh jajaran Universitas Terbuka Kaltim. Makanya penting mengingatkan bahwa perubahan yang saat ini sedang terjadi dengan begitu cepatnya perlu diantisipasi dengan baik," katanya.

Nampak hadir saat itu Rektor Unmul Samarinda yang diwakili Profesor Muh Amir, Rektor Universitas Terbuka yang diwakili Profesor Hanif nurkholis, dan Direktur Univesritas Terbuka Kaltim Rusna Ristasa.(DPMPD Kaltim/arf)

 

Dinas Pemerdayaan Masyarakat & Pemerintahan Desa
Jl. MT. Haryono No. 96 Kalimantan Timur
(0541) 7779725 dpmpd@kaltimprov.go.id
2013 - 2020