Anwar Sanusi Sertai Kunjungan Kerja Pj Gubernur ke Dua Danau 
14 Desember 2023 Arif Maulana Berita 4479
Anwar Sanusi Sertai Kunjungan Kerja Pj Gubernur ke Dua Danau 

KUKAR -- Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (DPMPD) Kaltim Anwar Sanusi menjadi salah satu kepala perangkat daerah yang menyertai kunjungan kerja Pj. Gubernur Kalimantan Timur Akmal Malik ke Danau Semayang dan Danau Melintang Kabupaten Kutai Kartanegara, Kamis (14/12/2023).

 

Kunjungan dalam rangka melihat potensi pariwisata dua danau yang terletak di Desa Semayang, Kecamatan Kenohan, Kabupaten Kutai Kartanegara ini.

 

Anwar Sanusi menyebu, di sini ada fenomena alam yang luar biasa. Danau Semayang dan Melintang akan menyatu saat air Sungai Mahakam surut, dan sebaliknya pada saat malam hari ketika air Sungai Mahakam pasang, kedua danau ini akan terpisah. Danau Semayang berada di sebelah kiri dan Danau Melintang di sebelah kanan.

 

Ini yang menyebabkan orang-orang selalu menyebutkan nama Danau Semayang dan Danau Melintang secara bersamaan.

 

Danau Melintang memiliki luas 11.000 ha dengan kedalaman ±2m dan Danau Semayang memiliki luas 13.000 ha dengan kedalaman ± 3,5m. Danau ini menjadi daya tarik pengunjung karena hidupnya satwa langka yaitu Pesut Mahakam.

 

Jika beruntung, di Danau Semayang dan Melintang dapat melihat spesies ikan langka khas perairan estuaria, yaitu ikan pesut, satu-satunya jenis mamalia air yang hidup di sungai. 

 

Informasi berkembang, saat ini ikan pesut hanya dapat dijumpai di tiga sungai di dunia, yaitu Sungai Mahakam, Sungai Mekong, dan Sungai Irawady. Di Sungai Mahakam pun, hanya di Danau Semayang dan Melintang ini dapat melihat ikan pesut. 

 

Itupun sudah sangat jarang terlihat karena arus lalu lintas sungai yang semakin sibuk dan dibukanya hutan di daerah aliran sungai di sebelah hulu kedua danau ini.

 

Pada kesempatan itu, Anwar sempat berbincang dengan Kepala Desa Semayang. Dia menyarankan agar pengelolaan pariwisata dilakukan melalui BUMDes."Tentunya BUMDes yang harus sudah berbadan hukum agar lebih mudah bekerja sama dengan berbagai pihak," sebutnya.

 

Pemprov Kaltim melalui DPMPD terus mendorong percepatan pendaftaran BUMDes berbadan hukum. Termasuk mendukung pengembangan usaha BUMDes dengan memberikan bantuan permodalan bagi BUMDes berbadan hukum.

 

Selain Kepala DPMPD Kaltim, Pj Gubernur Akmal Malik juga didampingi Kepala Dispora, Kepala Satpol PP, dan yang mewakili Dinas Pariwisata, dan Dinas ESDM Kaltim.(DPMPD Kaltim/arf)


Artikel Terkait
Info Permohonan Informasi
Artikel Terbaru
Gelar TTG X Resmi di buka
24 April 2024 39 Dilihat
Statistik
Online
Pengunjung Hari Ini
Halaman Dikunjungi Hari Ini 0
Total Pengunjung 198051
Total Halaman Dikunjungi 1793823
Government Public Relation

Jl. Abdul Wahab Sjahranie - Samarinda - Kaltim
Telp : (0541) 7779725,
Fax : (0541) 7779726
E-mail : dpmpd@kaltimprov.go.id
E-mail Pengaduan : dpmpdkaltim@gmail.com

Sitemap | Kontak | Webmail

Visitor
Total : 1793823
Bulan ini : 0
Hari ini : 0

© DPMPD Prov Kaltim @ 2021-2023