Bawaslu Kaltim Ajak DPMPD Libatkan Forkom KPM Sosialisasi dan Edukasi Pemilu Tingkat Desa
04 Oktober 2022 Arif Maulana Berita 5504
Bawaslu Kaltim Ajak DPMPD Libatkan Forkom KPM Sosialisasi dan Edukasi Pemilu Tingkat Desa

SAMARINDA -- Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kaltim mengajak Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (DPMPD) Kaltim untuk melibatkan Forum Komunikasi Kader Pemberdayaan Masyarakat (Forkom KPM) dalam sosialisasi dan edukasi pemilu di tingkat desa dan kelurahan.

 

"Kita berharap ada dukungan DPMPD untuk melibatkan KPM menjangkau hingga tingkat tapak di akar rumput desa dan kelurahan. Sebab untuk menjangkau masyarakat secara langsung agak kesulitan," ujar Ketua Bawaslu Kaltim Hari Dermanto saat audiensi ke Kantor DPMPD Kaltim, Selasa (4/10/2022).

 

Dia menilai jika Bawaslu mengajak keterlibatan partisipatif masyarakat terbilang susah. Berbeda jika melalui DPMPD sebagai instansi yang membidangi urusan pe,biaan pemerintahan desa dan kelurahan lebih mudah menggerakan masyarakat.

 

Dia berharap DPMPD melalui KPM membantu tugas sebagai kader penyampai Informasi terkait proses tahapan pemilu seperti rekrutmen tenaga pengawas kelurahan hingga tingkat TPS, serta menyampaikan edukasi dan informasi terkait kepemiluaan. “Misalanya bagaimana menyampaikan aduan pelanggaran dan lain sebagainya,”timpalnya.

 

Diakui selama ini Informasi terkait pemilu hanya disampaikan melalui kanal Informasi, sehingga tidak efektif sampai ke akar rumput.

 

Karenanya dia berharap dengan dukungan DPMPD menggerakan KPM bisa lebih mengoptimalkan penyampaian sosialisasi dan edukasi pemilu.

 

Kepala DPMPD Kaltim melalui Penggerak Swadaya Masyarakat Ahli Muda Helvin Syahruddin menyambut baik. Dia memastikan sia bekerjasama melibatkan Forkom KPM jika sifatnya menyampaikan instruktif.

 

Wakil Ketua Forkom KPM Kaltim Imam Subarka menyebut Forkom KPM siap dengan dukungan dasar keterlibatannya seperti MoU atau sebagainya dengan Bawaslu agar bisa dijalankan ditingkat desa dan kelurahan. Bila perlu ada kelengkapan atributnya.(DPMPD Kaltim/arf)


Artikel Terkait
Info Permohonan Informasi
Artikel Terbaru
Statistik
Online
Pengunjung Hari Ini
Halaman Dikunjungi Hari Ini 0
Total Pengunjung 198051
Total Halaman Dikunjungi 1793823
Government Public Relation

Jl. Abdul Wahab Sjahranie - Samarinda - Kaltim
Telp : (0541) 7779725,
Fax : (0541) 7779726
E-mail : dpmpd@kaltimprov.go.id
E-mail Pengaduan : dpmpdkaltim@gmail.com

Sitemap | Kontak | Webmail

Visitor
Total : 1793823
Bulan ini : 0
Hari ini : 0

© DPMPD Prov Kaltim @ 2021-2023