DPMPD Dampingi Komisi IV DPRD Kaltim Temui Gus Menteri
06 Oktober 2022 Arif Maulana Berita 5319
DPMPD Dampingi Komisi IV DPRD Kaltim Temui Gus Menteri

*Gali Informasi Kemungkinan DPRD Bantu Pembangunan Desa

JAKARTA – Dinas Pembnerdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (DPMPD) Kaltim mendampingi Komisi IV DPRD Kaltim menemui Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Mendes PDTT) Abdul Halim Iskandar atau Gus Menteri, di Ruang Kerja Mendes PDTT, Kamis (6/10/2022).

 

Komisi IV langsung dipimpin Ketua Komisi Akhmad Reza Fachlevi. Sedangkan dari DPMPD diwakili Kabid Usaha Ekonomi Masyarakat, SDA, dan Teknologi Tepat Guna Elvis didampingi Penggerak Swadaya Masyarakat Ahl Muda Vincentius Samadi Ponco, dan Staf Sekretariat M Ridwan.

Menurut Elvis Komisi IV DPRD Kaltim ingin berkonsulati untuk menggali Informasi terkait status atau kewenangan yang boleh dilakukan DPRD Kaltim dalam membantu memberi dukungan anggaran untuk pembangunan desa.

 

“Lebih pada penguatan pemahaman aturan kemungkinan DPRD membantu pembangunan fisik dan non fisik di desa,”ujar Elvis.

 

Hasil kunjungan menjadi dasar DPRD bisa atau tidak memberi dukungan anggaran untuk pelaksanaan pembangunan desa melalui dana pokok-pokok fikiran (pokir) anggota DPRD.

 

Pada kesempatan itu Elvis juga minta dukungan Mendes PDTT untuk menyurati gubernur dan bupati/walikota agar mendorong pelibatan BUMDes dalam operasional perusahan-perusahan yang beroperasi di wilayah desa tersebut.

 

“Minta surat Menteri supaya BUMDes bisa kerjasama dengan perusahaan. Selama ini meskipun ada PP tidak ada tajinya, sehingga kurang mengena. Kalau ada surat ini Insya ALLAH akan semakin diperhatikan perusahan,”yakinnya.

 

Menurutnya banyak hal yang bisa dilakukan kerjasama perusahan dengan BUMDes. Sebagai contoh yang sudah dilakukan BUMDes Payang Sejahtera, Desa Sungai Payang, Kecamatan Loa Kulu, Kabupaten Kutai Kartanegara yang  bekerjasama dengan perusahaan dalam pemenuhan angkutan karyawan, katering, hingga laundry.(DPMPD Kaltim/arf)


Artikel Terkait
Info Permohonan Informasi
Artikel Terbaru
Statistik
Online
Pengunjung Hari Ini
Halaman Dikunjungi Hari Ini 0
Total Pengunjung 198051
Total Halaman Dikunjungi 1793823
Government Public Relation

Jl. Abdul Wahab Sjahranie - Samarinda - Kaltim
Telp : (0541) 7779725,
Fax : (0541) 7779726
E-mail : dpmpd@kaltimprov.go.id
E-mail Pengaduan : dpmpdkaltim@gmail.com

Sitemap | Kontak | Webmail

Visitor
Total : 1793823
Bulan ini : 0
Hari ini : 0

© DPMPD Prov Kaltim @ 2021-2023