IDM Diharap Jadi Basis Data Perencanaan Pembangunan
22 Oktober 2020 Admin Website Berita 6763
IDM Diharap Jadi Basis Data Perencanaan Pembangunan

PASER – Plh Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (DPMPD) Kaltim Surono menyebut dalam perencanaan pembangunan desa hendaknya menjadikan Indek Desa Membangun (IDM) sebagai basis data di level masing-masing.

“Saya berharap IDM menjadi basis data perencanaan pembangunan. Ditetapkan sesuai level masing-masing, baik provinsi, kabupaten, maupun desa,”sebut Surono saat membuka Kegiatan Temu Pengelola Sarana dan Prasarana Air Minum dan Sanitasi Terbangun (Pelaras), di Aula Desa Seniung Jaya, Paser Belengkong, Paser, Kamis (22/10).

Menurutnya, ada 52 indikator terkait penilaian IDM. Indikator yang dianggap lemahlah yang harus disasar diselesaikan untuk dapat meningkatkan status IDM desa.

Dia mengaku siap memfasilitasi membedah indikator yang perlu disasar dimaksud sesuai kewenangan masing-masing. Misalnya belum tersedia puskemas atau PAUD bisa disasar perlakuan saran kegiatan agar indikator tersebut bisa mendongkrak level IDM.

Surono berharap pada saatnya tidak adalagi desa berstatus sangat tertinggal di Kaltim. Jika target DPMPD dalam RPJMD Kaltim 2019-2023 meningkatkan status IDM 150 desa dari 518 desa berstatus sangat tertinggal dan tertinggal dari 841 desa, dia berharap capaiannya lebih dari target dengan sinkronisasi program kegiatan secara berjenjang.

“Semoga kucuran Dana Desa yang terbilang besar bisa digunakan menyentuh itu. Pun demikian kegiatan provinsi dan kabupaten yang menyasar desa diharap mengarah sasaran tersebut. IDM bukan tujuan utama, melainkan sebagai tolok ukur keberhasilan pembangundan dan pemberdayaan masyarakat desa,”katanya.(DPMD Kaltim/arf)


Artikel Terkait
Info Permohonan Informasi
Artikel Terbaru
Statistik
Online
Pengunjung Hari Ini
Halaman Dikunjungi Hari Ini 0
Total Pengunjung 198051
Total Halaman Dikunjungi 1793823
Government Public Relation

Jl. Abdul Wahab Sjahranie - Samarinda - Kaltim
Telp : (0541) 7779725,
Fax : (0541) 7779726
E-mail : dpmpd@kaltimprov.go.id
E-mail Pengaduan : dpmpdkaltim@gmail.com

Sitemap | Kontak | Webmail

Visitor
Total : 1793823
Bulan ini : 0
Hari ini : 0

© DPMPD Prov Kaltim @ 2021-2023