Jauhar Buka Dua Pelatihan ToT Virtual
03 Juni 2020 Admin Website Berita 1668
Jauhar Buka Dua Pelatihan ToT Virtual

SAMARINDA --  Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (DPMPD) Kaltim, Moh Jauhar Efendi membuka dua pelatihan training of trainer (TOT) virtual sekaligus, Rabu (3/6) pagi. Dia juga sekaligus didaulat sebagai salah satu narasumber oleh Kemendes PDTT pada dua TOT tersebut.

 

Pelatihan diikuti DPMD kabupaten se Kaltim dan Tenaga Ahli Program Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat Desa (P3MD).

“Ada dua pelatihan TOT, yakni Aplikasi Desa Melawan Covid-19 (eDMC19) dan Aplikasi Human Development Worker (eHDW),” sebut Jauhar.

Menurutnya, eDMC-19 merupakan aplikasi untuk membantu para relawan COVID-19 dalam mendeteksi tingkat kerawanan COVID-19. Aplikasi ini dibuat secara sedarhana, sehingga mudah diaplikasikan.

“Sekarang dilakukan TOT yang diikuti DPMD dan TA. Narasumbernya dari KPW dan dari DPMPD Kaltim yang sudah lebih dulu mengikuti pelatihan. Setelah ini mereka memberikan pelatihan kepada relawan desa,” sebutnya.

Sedangkan TOT selanjutnya terkait Aplikasi eHDW. Aplikasi ini untuk membantu Kader Pembangunan Manusia (KPM), khususnya dalam pencegahan penangan strunting melalui delapan aksi yang ditetapkan.

”Ini untuk mendeteksi terutama yang sangat menentukan masa 1.000 hari kehidupan agar tercukupi gizi, dan lainnya,” katanya.

Mengingat dalam pencegahan dan penanganan stunting melibatkan banyak kementerian terkait seperti Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) terkait sanitasi, Kementerian Agama terkait penyuluhan pranikah menyangkut pola asuh anak, Kementerian Kesehatan (Kemenkes) terkait pemenuhan gizi, dan Kementerian Pertanian (Kementan) terkait ketahanan pangan.

Melalui penggunaan aplikasi diharap bisa bekerja bersinergi dengan sektor terkait. DPMPD Kaltim sendiri diakui dalam pelaksanannya posisi sebagai kepanjangan tangan Kemendes PDTT. “Dengan aplikasi sederhana ini diharap bisa mendeteksi. Dan kalau ada keluarga hamil dan memiliki balita harus menjadi perhatian KPM,” sebutnya.(DPMPD Kaltim/arf)


Artikel Terkait
Info Permohonan Informasi
Artikel Terbaru
Statistik
Online 1
Pengunjung Hari Ini 388
Halaman Dikunjungi Hari Ini 1420
Total Pengunjung 157812
Total Halaman Dikunjungi 1405291
Government Public Relation

Jl. MT Haryono - Samarinda - Kaltim
Telp : (0541) 7779725,
Fax : (0541) 7779726
E-mail : dpmpd@kaltimprov.go.id
E-mail Pengaduan : dpmpdkaltim@gmail.com

Sitemap | Kontak | Webmail

Visitor
Total : 1405291
Bulan ini : 1421
Hari ini : 1421

© DPMPD Prov Kaltim @ 2021