Kota Raja Channel Hadirkan Ustad Abu Ali Bahas Ghibah dan Fitnah
05 Juni 2020 Admin Website Berita 7683
Kota Raja Channel Hadirkan Ustad Abu Ali Bahas Ghibah dan Fitnah

SAMARINDA – Youtobe kota Raja Channel kembali menggelar ceramah agama secara virtual setelah menjadi agenda rutin berupa Pasantren Ramadhan selama Bulan Ramadhan 1441 Hijriah/2020 Masehi.

Kali ini ceramah agama lebaran daring menghadirkan Pengasuh Pondok Pesantren Darul Falah, Ustad Abu Ali sebagai pembicara dengan topik bahasan “awas tergelincir ghibah dan fitnah,” Jumat (5/6) siang.

“Gibah merupakan dosa besar. ALLAH SWT berikan peringatan dan ancaman keras dalam Alquran terkait ghibah. Menurut para ulama jika berkumpul ayat tentang larangan dan ancaman, maka itu masuk dalam katagori dosa besar,” ujar Ustad Abu Ali.

Namun karena biasa dikatakan, sehingga dianggap biasa. Diibaratkan saat mengunjungi kandang ayam bagi yang tidak biasa tidak tahan baunya, tapi yang biasa dianggap biasa saja bahkan sambil aktifitas makan minum dan lainnya.

“Begitupula gibah. Jika sudah biasa dilakukan akan dianggap biasa, sementara bagi yang tidak biasa akan risih melakukannya,” jelasnya.

Dijelaskan, ghibah merupakan kegiatan membicarakan orang lain yang saat didengar orang tersebut tidak senang meskipun pembicaraan  itu benar.

Itu, kata dia bedanya dengan fitnah. Kalau ghibah membicarakan aib saudaranya yang sudah ditutupi sedemikian rupa. Sedangkan fitnah membicarakan kejelekan saudaranya yang tidak jelas kebenarannya.

Diibaratkan seseorang jalan sambil menghamburkan bulu ayam, maka bulu ayama itu kan tersebar kemana-mana. Sementara saat inggin membersihkannya akan terasa sulit dilakukan.

“Keduannya sama merupakan dosa besar. Sama-sama tidak baik dilakukan. Bagi kesehatan juga bisa menurunkan imun tubuh. Makanya harus dihindari,” tegasnya.

Ceramah agama lebaran daring  dipandu Moderator Drs.Suwito,M.Pd-SMAN 2 Tenggarong dan Guru Penggerak, Suparno Ghopar sebagai pemandu acara. Nampak hadir dalam ceramah agama lebaran daring Kepala Bidang PKP (Pengelolaan Komunikasi Publik) Diskominfo Kukar, Ahmad Rianto,SIP.(DPMPD Kaltim/arf)


Artikel Terkait
Info Permohonan Informasi
Artikel Terbaru
Gelar TTG X Resmi di buka
24 April 2024 29 Dilihat
Statistik
Online
Pengunjung Hari Ini
Halaman Dikunjungi Hari Ini 0
Total Pengunjung 198051
Total Halaman Dikunjungi 1793823
Government Public Relation

Jl. Abdul Wahab Sjahranie - Samarinda - Kaltim
Telp : (0541) 7779725,
Fax : (0541) 7779726
E-mail : dpmpd@kaltimprov.go.id
E-mail Pengaduan : dpmpdkaltim@gmail.com

Sitemap | Kontak | Webmail

Visitor
Total : 1793823
Bulan ini : 0
Hari ini : 0

© DPMPD Prov Kaltim @ 2021-2023