Tim Penilai paparkan Indikator Perilaku Hidup Bersih dan Sehat untuk Lindungi Diri
Tim Penilai paparkan Indikator Perilaku Hidup Bersih dan Sehat untuk Lindungi Diri

Kamis, 26/10/2023 tim penilai melakukan verifikasi lapangan lomba PHBS (perilaku hidup bersih dan sehat) tingkat Prov. Kaltim di Kampung Labanan Jaya, Kecamatan Teluk Bayur Kabupaten Berau.  

 

Dalam kunjungannya, tim penilai yang terdiri dari unsur  Dinas Kesehatan, TP. PKK Prov. Kaltim serta Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa memaparkan pentingnya prilaku hidup bersih dan sehat.

 

Kepala Bidang Kelembagaan dan Sosial Budaya Masyarakat Roslindawaty yang mewakili Kepala Dinas menyampaikan bahwa Perilaku hidup bersih dan sehat merupakan salah satu Implementasi dalam perwujudan menciptakan perilaku hidup bersih dan sehat yang patut dihargai dan diperjuangkan oleh setiap insan manusia.

 

Menurut Roslinda, Perwujudan diri perilaku hidup bersih sehat itu merupakan tanggung jawab bersama antara pemerintah, lembaga masyarakat dan masyarakat itu sendiri dalam menciptakan lingkungan yang bersih, asri, indah dan sehat.

 

“PHBS dalam tatanan rumah tangga merupakan salah satu upaya strategis untuk menggerakan dan memberdayakan anggota rumah tangga untuk hidup bersih. Melalui program PHBS setiap rumah tangga diberdayakan agar tahu, mau dan mampu menolong diri sendiri dibidang kesehatan dengan mengupayakan lingkungan yang sehat” ungkap Ros.

 

 

Pada kesempatan tersebut, Tim Penilai turut memberikan tips berikut indikator PHBS, diantaranya penggunaan air bersih. Perilaku hidup yang bersih dan sehat juga didukung oleh terpenuhinya kebutuhan air bersih di rumah. Air yang bersih adalah kunci dari segala aktivitas sehari-hari. Oleh karena itu, pastikan setiap rumah tangga memiliki akses terhadap air bersih guna terwujudnya kehidupan yang bersih dan sejahtera. indikator selanjutnya adalah penggunaan jamban sehat yang berkaitan dengan indikator sebelumnya.

 

Hal yang tak kalah penting menurut tim penilai adalah pemberantasan jentik di dalam rumah. Hal ini merupakan bagian penting dari perilaku hidup bersih dan sehat. Diketahui bersama bahwa berbagai ancaman penyakit yang bisa ditularkan melalui gigitan nyamuk masih ada di sekitar kita.

 

Salah satu cara utama untuk memutus rantai penularan penyakit ini adalah dengan menjaga kebersihan lingkungan rumah Anda, termasuk membasmi nyamuk hingga jentik-jentiknya.

 

“Indikator lainnya adalah tidak merokok di dalam rumah. Indikator ini merupakan hal yang sangat sulit untuk diterapkan oleh sebagian besar masyarakat. Mengapa demikian? Karena sudah menjadi kebiasaan dan untuk menghindari kebiasaan buruk tersebut butuh waktu lama dan tentu saja niat untuk berhenti” tutup Roslinda.


Artikel Terkait
Info Permohonan Informasi
Artikel Terbaru
Gelar TTG X Resmi di buka
24 April 2024 45 Dilihat
Statistik
Online
Pengunjung Hari Ini
Halaman Dikunjungi Hari Ini 0
Total Pengunjung 198051
Total Halaman Dikunjungi 1793823
Government Public Relation

Jl. Abdul Wahab Sjahranie - Samarinda - Kaltim
Telp : (0541) 7779725,
Fax : (0541) 7779726
E-mail : dpmpd@kaltimprov.go.id
E-mail Pengaduan : dpmpdkaltim@gmail.com

Sitemap | Kontak | Webmail

Visitor
Total : 1793823
Bulan ini : 0
Hari ini : 0

© DPMPD Prov Kaltim @ 2021-2023