DPMPD Canangkan Penanaman Toga di Lingkungan Kantor
05 Februari 2021 Admin Website Berita 7018
DPMPD Canangkan Penanaman Toga di Lingkungan Kantor

SAMARINDA – Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (DPMPD) Kaltim melakukan pencanangan penanaman Tanaman Obat Keluarga (Toga) di lingkungan kantor. Pencanangan dilakukan dengan menanam bibit aneka tanaman yang bermanfaat untuk dikonsumsi keluarga, di Halaman Kantor DPMPD Kaltim, Jumat (5/2).

Penaman diawali Kepala DPMPD Kaltim M Syirajudin yang kemudian diikuti seluruh pejabat struktural dan staf ASN maupun Non ASN lingkup DPMPD Kaltim. Toga ditanam menggunakan media karung bekas beras dan diletakan di sekitar lingkungan kantor.

Iyad sapaan akrab M Syirajudin menyebut pencanangan penanaman Toga dimaksudkan memasyarakatkan pemanfaatan lahan pekarangaan kantor dan rumah untuk ditanami Toga “Sebelum kita galakan alangkah baiknya kita mengawali. Melakukan pencanangan penanaman Toga di halaman kantor,”sebutnya.

Dia menilai memanfaatkan lahan pekarangan untuk Toga merupakan hal positif, karena bermanfaat untuk dikonsumsi maupun obat herbal bagi yang membutuhkan.

Terlebih jika dilakukan di halaman pekarangan rumah. Bermanfaat untuk memenuhi kebutuhan konsumsi dan obat herbal, sehingga mengurangi pengeluaran keluarga.

“Seperti tanaman lombok, tomat, sawi sendok, sirih, jahe, kunyit, dan lidah buaya. Jika ada di pekarangan tidak perlu lagi membeli ke pasar, sehingga bisa meningkatkan kesejahteraan keluarga,”ujarnya.

Karenanya setelah ini dia akan memasyarakatkan gerakan ini. Setidaknya mengajak DPMD kabupaten dan 841 desa se Kaltim untuk ikut menggalakannya di tingkat kabupaten hingga ke desa.

“Sejalan dengan target SGDs desa, bagaiamana masyarakat desa sejahtera. Semoga bisa menjadi bagian pendukungnya,”harapnya.

Terkait pencanangan tanaman Toga di Kantor DPMPD Kaltim merupakan inisiasi Kepala Seksi Pengembagan Kapasitas Masyarakat DPMPD Kaltim Helvin Syahruddin bekerjasama dengan Mahasiswa Universitas Mulawarman Samarinda yang melaksanakan Praktek Kerja Lapangan (PKL) di Kantor DPMPD Kaltim.

Sebelum pelaksanaan pencanangan penanaman Toga diawali pelaksanaan senam bersama dan jalan santai seluruh jajaran DPMPD Kaltim, kemudian peresmian pemanfaatan Teknologi Tepat Guna (TTG) filter air untuk kolam ikam dan diakhiri menyantap menu tradisional mihun dan bubur kacang hijau.(DPMPD Kaltim/arf)


Artikel Terkait
Info Permohonan Informasi
Artikel Terbaru
Statistik
Online
Pengunjung Hari Ini
Halaman Dikunjungi Hari Ini 0
Total Pengunjung 198051
Total Halaman Dikunjungi 1793823
Government Public Relation

Jl. Abdul Wahab Sjahranie - Samarinda - Kaltim
Telp : (0541) 7779725,
Fax : (0541) 7779726
E-mail : dpmpd@kaltimprov.go.id
E-mail Pengaduan : dpmpdkaltim@gmail.com

Sitemap | Kontak | Webmail

Visitor
Total : 1793823
Bulan ini : 0
Hari ini : 0

© DPMPD Prov Kaltim @ 2021-2023